4 Cara Mengatasi WC Mampet (Jitu dan Cepat Beres!)

Posted on 316 views

Kebersihan toilet atau wc mempengaruhi kebersihan rumah sekaligus mempengaruhi kesehatan keluarga. Jika toilet tidak dijaga kebersihannya akan menimbulkan penyakit tidak hanya bagi keluarga, tetapi juga bagi orang sekitarnya. Biasanya yang menjadi permasalahan terbesar dari toilet bukanlah dari segi kebersihan ruang wc atau toiletnya, tetapi saat wc mengalami mampet. Masalahnya semakin besar jika tidak mengetahui cara mengatasi wc mampet. Petugas kebersihan toilet atau perusahaan yang memberikan jasa pembersihan toilet yang mampet juga jarang ditemui, sehingga harus bergantung pada diri sendiri. Terdapat cara-cara yang efektif untuk mengatasi wc yang mengalami kemampetan.

 Cara-Cara Efektif Mengatasi WC Mampet

Ada banyak cara mengatasi wc mampet. Setidaknya ada 4 cara yang jitu untuk menghilangkan masalah soal kemampetan toilet. Cara-cara tersebut sederhana dan tidak memerlukan banyak tenaga bantuan untuk mengatasi wc yang mampet. Hanya diperlukan sedikit bantuan dari orang lain atau bahkan beberapa cara hanya memerlukan diri sendiri untuk mengatasi masalah tersebut. Material pendukung yang digunakan untuk memecahkan solusi wc mampet juga sederhana dan mudah dicari di pasaran.

1. Soda api

Cara mengatasi wc mampet dengan soda api cukup mudah untuk dilakukan. Jika ingin membeli soda api di pasaran, nama pasarannya adalah natrium hidroksida. Sumbatan-sumbatan organik dalam wc akan terurai dengan reaksi antara natrium hidroksida dengan air. Reaksi tersebut berupa gelembung-gelembung yang terlarut dalam air dan menguraikan sumbatan organik. Keunggulan menggunakan soda api sebagai pelarut sumbatan organik di wc adalah sifatnya yang tidak berbahaya dan dapat larut dalam air.

Cara mengatasi wc mampet dengan soda api tidaklah sebaik asam sulfat dalam melarutkan sumbatan organik. Soda api membutuhkan waktu lama untuk melarutkan sumbatan organik tersebut apalagi jika penyumbatannya parah. Meskipun soda api lebih aman untuk mengurai penyumbatan, akan tetapi ada hal-hal yang perlu diperhatikan yaitu penggunaan masker dan kaos tangan untuk pelindung, menuangkan setengah cangkir soda api dengan sendok plastik, air cukup yang terdapat di saluran wc sehingga tidak perlu mencampur soda api dengan air, wc didiamkan selama 10 menit setelah penuangan soda api, setelah dirasakan sudah bersih dari sumbatan maka dapat menuangkan air ke saluran wc.

Yang harus diperhatikan jika menggunakan soda api untuk mengatasi wc yang mengalami penyumbatan adalah jangan sekali-sekali mencampurkan adonan dengan air panas. Dikhawatirkan akan terjadi reaksi yang tidak diinginkan. Salah satu hal yang dikhawatirkan adalah saluran pvc akan mengalami kerusakan karena reaksi campuran dari bahan-bahan kimia tersebut dengan air panas.

2. Sabun Cuci rambut atau sampho

Cara efektif lainnya untuk mengatasi wc yang mampet adalah dengan menggunakan sabun pencuci rambut atau disebut pula shampoo. Diperlukan bahan campuran lainnya untuk menguraikan sumbatan organik di toilet yaitu air panas. Caranya cukup mudah, dengan mencampurkan shampoo dengan air panas dan kemudian dituangkan ke dalam saluran yang tersumbat. Takaran shampoo yang digunakan secukupnya saja. Setelah kedua bahan dituangkan ke dalam saluran, sebaiknya ditunggu beberapa menit untuk melihat hasil dan reaksinya. Jika belum semua sumbatan organik teruraikan, sebaiknya campurkan dan tuangkan kembali shampoo dan air panas.

3. Baking soda

Baking soda dapat digunakan untuk menguraikan penyumbatan pada saluran wc. Tetapi dalam prakteknya harus dicampurkan dengan bahan lainnya. Bahan yang biasanya dicampurkan dengan baking soda adalah asam cuka. Campurkan kedua bahan tersebut secukupnya dan tuangkan ke dalam saluran atau lubang yang tersumbat. Nanti akan kelihatan ada busa, jika busa terlihat mau meluap, maka segera hentikan penuangan bahan ini. Waktu yang diperlukan untuk menguraikan sumbatan organik dengan cara ini cukup lama. Toilet harus didiamkan selama sehari semalam untuk melihat hasilnya. Setelahnya dapat disiram air secukupnya sampai wc tidak tersumbat lagi.

4. Garam

Cara mengatasi wc mampet dengan garam cukuplah mudah dan aman. Cara ini merupakan cara yang cukup sederhana dan mudah dibandingkan dengan cara yang lain karena garam atau natrium klorida mudah didapatkan dimana-mana. Garam juga merupakan senyawa yang digunakan untuk memasak sehingga tidak akan mengalami kesulitan dalam mencari garam di pasaran. Tipe garam untuk mengatasi kemampetan wc dapat juga sedikit berbeda dengan garam untuk memasak. Cara ini juga cara yang paling murah karena tidak memerlukan banyak biaya untuk membeli garam.

Jika garam yang digunakan untuk mengurai sumbatan organik di wc adalah garam dapur, maka sebaiknya garam tersebut dicampur dengan soda kue. Jika garam yang digunakan untuk mengatasi wc yang mampet adalah garam batu, maka tidak perlu dicampurkan dengan soda kue.

Yang harus diperhatikan dalam mengatasi wc yang mengalami kemampetan dengan garam adalah jika masalah tersumbatnya wc tidak terlalu parah. Cukup menuangkan garam dengan sekali tuang saja, tetapi jika mampetnya wc cukup parah, maka dapat dituang dengan garam dalam beberapa kali tuang dalam durasi waktu tertentu sehingga kotoran-kotoran organik tersebut dapat terurai.

Kamu bisa juga menyimak video di bawah ini

Cara-cara efektif mengatasi wc yang tersumbat memang cukup sederhana dan tidak banyak biaya. Tetapi yang perlu diperhatikan dalam memilih cara dan solusi untuk mengatasi penyumbatan adalah sebaiknya dipilih cara yang paling aman biarpun membutuhkan waktu yang lebih lama, misalnya dengan mengatasi wc mampet dengan garam. Kecuali jika pembersihan penyumbatan wc dilakukan dengan orang lain atau dibantu dengan orang lain sehingga lebih aman jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *