Cara Masak Nasi Goreng Biasa dan Sederhana

Posted on 138 views

Siapa yang tidak kenal nasi goreng. Salah satu hidangan lezat yang cara membuatnya pun juga cukup mudah. Selain mudah dibuat nasi goreng juga baik untuk kebutuhan karbohidrat dan pastinya mengenyangkan. Bagi yang belum pernah mencoba memasak nasi goreng memang nampaknya sulit untuk dicoba. Namun, sebenarnya nasi goreng sangatlah mudah dan sederhana untuk dibuat. Berikut akan kita jabarkan cara masak nasi goreng biasa yang pastinya mudah dan bisa Anda coba sendiri di rumah.

cara masak nasi goreng biasa dan sederhana

Resep Membuat Nasi Goreng Biasa

  • 1 piring nasi,
  • saus sambal 2 sdm
  • kecap 2 sdm
  • cabai secukupnya
  • bawang putih 2 siung
  • garam 1 sdt
  • telur ayam 1 butir
  • merica ½ sdt
  • minyak atau mentega

Langkah Membuat Nasi Goreng Biasa

Sebelum memulai memasak nasi goreng biasa, tentunya kita tidak lupa untuk menyiapkan bahan dan alatnya. Bahan dan alat yang dibutuhkan untuk memasak nasi goreng sederhana pastinya sesuai namanya yang juga sederhana dan mudah ditemukan. Berikut bahan dan alat serta langkah-langkah untuk memasak nasi goreng sederhana Anda sendiri.

  1. Bahan dan Alat

Bahan yang akan kita perlukan untuk satu porsi nasi goreng sederhana adalah seperti yang sudah disebutkan di atas. Di bagian resep nasi goreng biasa. Alat yang diperlukan adalah mixer atau penumbuk bumbu, penggorengan seperti panci atau wajan, kompor dan spatula untuk mencampur nasi dengan bumbu. Pastikan bahan dan alat tersebut sudah siap sebelum Anda mulai memasak agar tidak kerepotan saat Anda mulai memasak. Adapun langkah membuat nasi goreng sederhana selanjutnya seperti di bawah ini.

  1. Siapkan Bumbu

Cara membuat nasi goreng sederhana yang pertama adalah siapkan bumbu untuk dicampur dengan nasi. Untuk membuat bumbu maka tumbuk atau haluskan cabai, bawang putih 2 siung, garam 1 sdt, merica ½ sdt. Pastikan bumbu tercampur merata maka akan menghasilkan aroma khas nasi goreng. Untuk menghasilkan aroma nasi goreng yang lebih harum Anda bisa menggeprek bawang putih tersebut daripada dicincang halus kemudian dicampurkan dengan bahan-bahan yang disebutkan.

  1. Masak Bumbu

Setelah bumbu tercampur rata siapkan penggorengan dengan wajan atau panci yang telah diisi minyak kurang lebih 4-5 sdm atau mentega 3-4 sdm. Pastikan api berada pada panas medium agar panci atau wajan tidak terlalu panas dan gosong. Setelah minyak agak matang masukkan bumbu yang sudah jadi tersebut dan campur dengan minyak. Jangan lupa aduk bumbu hingga setengah matang dan aroma harum pun tercium. Jangan memasak bumbu terlalu lama karena bisa membuat bumbu gosong dan sulit tercampur dengan nasi.

  1. Campurkan Telur

Cara masak nasi goreng biasa selanjutnya adalah tuang telur dan tumis sebentar bersamaan dengan bumbu. Tumis hingga telur matang adapun jika Anda lebih suka telur yang digunakan adalah setengah matang maka Anda bisa memasak telur setengah matang sebelum atau sesudah memasak nasi goreng. Campuran lain seperti sosis, suwir ayam, seledri juga bisa ditambahkan tergantung selera Anda.

  1. Campurkan Nasi

Setelah campuran dirasa masak atau matang cara membuat nasi goreng biasa yang selanjutnya adalah masukkan nasi ke penggorengan. Jenis nasi yang biasanya cukup lezat untuk hidangan nasi goreng adalah nasi jenis pulen namun kembali ke selera masing-masing maupun ketersediaan nasi. Campur nasi dengan bumbu dan bahan tambahan tersebut hingga aroma harum keluar. Aduk terus dengan spatula dan jangan ditinggalkan. Apabila warna keseluruhan nasi telah berubah agak kemerahan atau kuning maka bumbu bisa dibilang sudah tercampur rata.

  1. Tambahkan Saus dan Kecap

Untuk mempertajam cita rasa cara membuat nasi goreng sederhana selanjutnya adalah menambahkan 2 sdm saus sambal atau tomat dan kecap manis kedalam nasi goreng. Jangan lupa setelah menambahkan segera campur hingga saus dan tomat merata di seluruh permukaan nasi. Apabila sudah nampak tercampur rata coba cicipi dengan berhati-hati apakah rasanya sudah sesuai selera. Jika masih ada yang kurang maka Anda bisa menambahkan bahan-bahan yang dirasa kurang baik garam, kecap, maupun saus.

  1. Masak Hingga Matang

Setelah keseluruhan bahan dicampurkan masak nasi goreng dan bumbunya hingga benar-benar tercampur rata dan matang. Cara membuat nasi goreng sederhana hingga matang adalah dengan tetap aduk atau campur. Jangan meninggalkan nasi goreng yang sedang dimasak karena bisa gosong atau menempel pada permukaan panci menjadi kerak membandel. Jika warna nasi berubah dan aroma sudah harum secara menyeluruh maka nasi goreng sudah siap. Ingat jangan masak terlalu lama karena nasi bisa menjadi semakin lembek bahkan gosong.

  1. Hidangkan

Jangan lupa cicipi nasi goreng apabila dirasa sudah sesuai dengan selera segera hidangkan nasi goreng dipiring. Anda bisa menambahkan lalapan seperti timun, kobis dan lainnya maka nasi goreng sudah siap untuk disantap. Nasi goreng paling baik disantap pada saat masih hangat karena lebih nikmat dan tekstur nasi belum mengeras. Semakin lama nasi goreng tidak segera disantap dan hidangan semakin dingin maka nasi bisa menjadi semakin keras dan cita rasanya pun juga sudah berbeda.

Itulah cara membuat nasi goreng sederhana yang bisa Anda coba sendiri di rumah dan cukup sederhana bukan. Nasi goreng merupakan salah satu hidangan yang paling mudah dipadupadankan dengan berbagai campuran. Anda bisa mencoba mencampurkan bahan seperti suwir ayam, daging, telur, mie maupun sosis untuk hidangan yang lebih nikmat. Selain mudah dibuat nasi goreng juga baik untuk santapan Anda karena mengandung karbohidrat yang baik untuk metabolisme dan kebutuhan energi Anda sehari-hari. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *