Cara Membersihkan Tas Kulit yang Kotor dan Kusam

Posted on 85 views

Meskipun tas kulit mahal harganya dibandingkan tas dari bahan lainnya, tetapi penggemar tas kulit sangatlah banyak. Banyak yang menyukai produk ini karena sifatnya yang awet untuk dipakai. Dalam kurun waktu yang lama dan bertahun-tahun dapat digunakan tanpa pudar warnanya dan tidak kotor jika tahu benar cara membersihkan tas kulit. Asalkan tidak terkena air hujan yang deras, maka keawetan dapat terjaga juga. Selain itu, penggunaan tas ini memberikan nilai tersendiri yang dapat mendukung penampilan. Elegan dan glamour biasanya dapat disajikan saat yang dipakai tas jenis ini.

Sifat kulit yang rawan rusak membutuhkan cara membersihkan tas kulit dengan benar dan tepat. Sifat rawan rusak ini bukan sifatnya yang tidak awet, tetapi lebih kepada sifatnya yang akan rusak jika perawatannya tidak tepat. Kesalahan dalam membersihkan juga akan menyebabkan kerusakan. Apalagi tas jenis ini sangat mahal terutama untuk produk yang bermerek terkenal. Hilanglah investasi tas yang dipunya jika salah membersihkan dan merawatnya. Tidak akan mengalami kerugian jika tahu tips dan trik membersihkannya. Setidaknya ada 4 cara yang perlu diketahui untuk menjaga kualitas tas.

  1. Bahan dan Alat yang dibutuhkan

Jika tas jenis lain dapat dengan mudah menggunakan alat dan bahan yang tidak terlalu khusus untuk merawat dan membersihkannya, tas berjenis kulit membutuhkan alat dan bahan yang khusus. Selain itu, perlakuan yang dibutuhkan juga khusus juga untuk menjaga kerusakan kulit. Bahan yang dibutuhkan berupa bubuk detergen yang lembut. Atau dapat pula menggunakan sabun bayi. Jangan lupa untuk mempersiapkan sedikit air yang digunakan untuk dicampur dengan bubuk detergen. Air ini tidak dalam keadaan panas maupun dingin.

Selain bahan untuk membersihkan, ada alat yang harus dipersiapkan. Alat itu adalah botol semprot yang digunakan untuk menaruh bahan campuran dan menyemprotkan ke tas kulit saat melakukan pembersihan. Kegunaan botol semprot ini penting untuk mengontrol banyaknya campuran yang digunakan sebagai cara membersihkan tas kulit. Dengan botol semprot ini, dipastikan tidak akan kelebihan dan kekurangan pembersih sehingga akan terhindar dari kesalahan dalam pembersihan tas. Alat lain yang diperlukan adalah kain. Pastikan kain yang dipilih adalah kain lembut dan tidak bertekstur kasar. Kain juga harus bersih dan tidak berserat.

  1. Cara Membersihkan

Cara mencuci tas kulit dapat pula dikatakan sebagai cara untuk membersihkan tas kulit. Karena tas kulit tidak dapat dicuci dan direndam dengan air seperti jenis lainnya. Jika direndam maka seluruh lapisan kulit akan rusak dan mengelupas. Sehingga caranya sama dengan cara untuk membersihkan tas kulit dengan menyiapkan campuran pembersih antara detergen dan air yang ditaruh di botol semprot. Semprotkan campuran cairan pembersih tadi di seluruh bagian tas dan usap dengan kain yang telah dipersiapkan. Pembersihannya dilakukan dengan mengikuti alur kulitnya. Jika berlawanan arah ditakutkan akan merusak lapisan kulitnya.

Pembersihannya juga tidak boleh banyak tekanan karena cara mencuci tas kulit seperti ini akan membuat bahannya tidak awet. Usapannya juga akan merusak seratnya jika terlalu kuat. Selain itu, jangan terlalu banyak menggunakan cairan pembersih setiap mengusapkan. Jangan lupa untuk membersihkan disela-sela yang mungkin terkumpul banyak kotoran.

  1. Cara Mengeringkan

Setelah selesai pada tahap cara mencuci tas kulit segeralah ke langkah berikutnya yaitu mengeringkan. Keringkan tas kulit dengan cara angin-angin atau menggunakan hairdryer. Panas yang berlebihan seperti dari sinar matahari akan merusak lapisan kulit sehingga saat mengeringkan dengan hairdryer harus dengan tingkat panas yang rendah.

  1. Cara Penyimpanan

Setelah dirasakan kering, simpanlah di tempat yang dengan suhu normal. Jangan menyimpan di tempat dengan suhu panas dan lembab. Keduanya dapat merusak kulit karena suhu panas berarti menyebabkan lapisannya kering dan rapuh, sedangkan suhu yang lembab dapat menyebabkan tumbuhnya jamur. Selain itu, harus dikeluarkan dari tempat penyimpanan setidaknya sekali dalam kurun waktu dua minggu. Biasanya jika sudah jarang digunakan akan menimbulkan adanya bakteri dan jamur sehingga perlu dikeluarkan biarpun sebentar di suhu ruangan. Setelah itu dapat disimpan kembali ke tempat penyimpanan.

Cara Menghilangkan Tas Kulit dari Kotoran Saat Bepergian

Ada juga kalanya kita keluar jalan-jalan mendadak tas kulit kita kotor kena pulpen, cipratan air dan lain sebagainya. Cara membersihkan tas kulit yang kotor cukuplah mudah meskipun di saat kita bepergian. Tidak perlu cemas jika pembersihan dilakukan secepatnya, maka kebersihan dan keawetan tetap dapat terjaga.

  1. Kecipratan Air

Kecipratan air dapat berasal dari saat kita minum atau kena rintik-rintik hujan dan alasan lainnya. Jika tas terciprat air sebaiknya langsung dibersihkan dengan sapu tangan dengan gerakan menepuk-nepuk. Jika air dibiarkan dalam waktu lama, maka akan menimbulkan jamur dan lapisan kulit dapat mengalami kerusakan. Hal ini karena material kulit tidak boleh dalam keadaan lembab.

  1. Kena pulpen

Umumnya tidak ada cara membersihkan tas kulit yang kotor akibat kena pulpen. Pulpen sulit untuk dibersihkan nodanya. Sehingga sebaiknya menghindarkan tas kulit dari bulpen atau taruh bulpen di wadah khusus yang tidak menyebabkan tintanya tercecer tak sengaja sebelum dimasukkan ke tas.

Tips cara membersihkan tas kulit yang kotor yang lain adalah dengan disemprot dengan bahan yang dapat melembutkan, menjaga kelembaban dan merawat tas kulit. Pelembab kulit ini dapat diperoleh di toko-toko. Tetapi yang perlu diingat tidak semua bahan jenis kulit dapat diberikan pelembab jenis ini. Bahan kulit suede biasanya berbeda cara perawatannya daripada tas kulit asli dan sintetis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *