Cara Membersihkan Laptop Dengan Efektif

Posted on 121 views

Gadget yang satu ini rupanya telah menjadi favorit bagi berbagai kalangan, bagaimana tidak laptop yang multifungsi dapat membantu pengerjaan berbagai tugas untuk pelajar ataupun seorang pekerja. Data riset menunjukkan bahwa seseorang yang memiliki gadget jenis ini menggunakan 20 – 30% waktunya setiap di depan laptop. Bisa disimpulkan bahwa laptop akan kotor bila terus digunakan setiap hari, sehingga paling tidak pemiliknya harus meluangkan waktu untuk melakukan perawatan kecil seperti membersihkannya. Cara membersihkan laptop dibawah ini akan membantu Anda dalam menemukan solusi membersihkan laptop dengan efektif.

Macam-macam Cara Membersihkan Laptop

Seperti yang anda ketahui laptop memiliki bagian-bagian terbuka yang sering tersentuh tangan dan rawan kotor. Bagian tersebut seperti layar dan keyboard yang setiap harinya sering sekali digunakan dan tersentuh tangan. Selain itu bagian terbuka ini juga sangat sering dihinggapi oleh debu tanpa Anda sadari. Berikut ini cara membersihkan laptop yang dapat Anda coba.

Kita mulai dari membersihkan keyboard laptop terlebih dahulu yang paling rawan kotor.

1. Membersihkan Keyboard Menggunakan Kuas

Cara membersihkan keyboard laptop yang paling mudah dan murah yaitu menggunakan kuas. Anda bisa membersihkannya secara manual kedalam sela-sela keyboard. Untuk lebih mudahnya sebaiknya miringkan posisi keyboard Anda agar debu yang menempel mudah dikeluarkan.

2. Membersihkan Keyboard Menggunakan Lap Basah

Lap basah disini bukan berarti lap yang benar-benar berair, cukup gunakan kanebo ataupun tisu basah untuk mengelap permukaan keyboard yang kotor. Karena kotoran pada keyboard bukan hanya berasal dari debu saja, namun yang sering jadi penyebab utama adalah tangan yang kotor. Maka dari itu, diperlukan lap basah untuk dapat mengelapnya dengan bersih. Setelah dilap, usap lagi permukaan keyboard menggunakan tisu kering.

3. Membersihkan Keyboard Menggunakan Vacuum Cleaner

Vacuum cleaner? Apa tidak salah? Tenang saja vacuum cleaner yang digunakan disini bukanlah pembersih berukuran besar yang biasa digunakan pada lantai. Tetapi vacuum cleaner yang khusus untuk membersihkan laptop, alat ini memiliki ukuran kecil serta bisa Anda sambungkan menggunakan USB port. Cara membersihkan keyboard laptop ini cukup higienis dan efisien pasalnya debu yang sulit dijangkau pada sela-sela keyboard dapat dihisap dengan mudah. Ditambah lagi bisa Anda gunakan untuk membersihkan bagian lain seperti lubang speaker.

4. Membersihkan Keyboard Menggunakan Gel Pembersih

Sudah pernah mendengar gel untuk membersihkan keyboard? Belakangan produk ini cukup populer karena banyaknya review dari para pengguna internet yang merekomendasikannya. Harganya sendiri cukup terjangkau dan bisa Anda dapatkan di toko komputer ataupun membelinya secara online. Gel ini bekerja secara efektif dalam mengangkat debu ataupun kotoran yang menempel pada keyboard. Untuk menggunakannya Anda hanya perlu menempelkan dan menekannya sedikit hingga menyentuh sela-sela keyboard. Karena sifatnya yang elastis gel ini bisa bisa digunakan untuk setiap 10cm atau sekitar 30an tombol dan setiap produk memiliki ukuran yang berbeda.

5. Membersihkan Keyboard Dengan Dust Sprayer

Seperti namanya benda ini memang digunakan untuk membersihkan debu. Disamping itu semprotan yang dihasilkannya cepat sekali mengering jadi sangat aman bila disemprotkan pada laptop Anda. Cara membersihkan keyboard laptop menggunakan dust sprayer sebaiknya pasangkan juga selang kecil yang berbentuk sepeti sedotan dan pasti disediakan di setiap pembelian. Selang ini akan membantu Anda untuk mendapatkan semprotan dengan tekanan yang lebih tinggi, selain itu juga dapat memudahkan Anda membersihkan sela-sela keyboard. Manfaat lain yang ditunjukkan oleh dust sprayer selain membersihkan debu juga membuat tampilan keyboard Anda lebih mengkilap dan memiliki bau yang harum.

Setelah bagian keyboard laptop selanjutnya kita membersihkan layar laptop yang suka kotor akibat debu dan sentuhan tangan.

1. Membersihkan Layar Laptop Dengan Alkohol

Membersihkan layar atau LCD bisa juga dilakukan dengan pengelapan menggunakan alkohol. Zat ini selain dikenal sebagai antiseptik yang bagus juga memiliki kemampuan membersihkan kotoran dengan sangat baik. Cara membersihkan layar laptop menggunakan alkohol yaitu dengan menggunakan kapas ataupun tisu sebagai media pengelapnya. Basahi saja kapas atau tisu ini secukupnya lalu lakukan pengelapan pada layar laptop. Setelah  mengelapnya menggunakan alkohol bersihkan kembali menggunakan tisu kering untuk menghilangkan bekas alkohol yang ditimbulkan.

2. Membersihkan Layar Laptop Menggunakan Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih juga terbukti ampuh dalam menghilangkan noda. Maka dari itu cara membersihkan layar laptop ini bisa diandalkan untuk mendapatkan hasil pembersihan yang bagus. Sama dengan cara sebelumnya, yaitu minyak kayu putih diteteskan ke kapas ataupun tisu hingga cukup basah, kemudian Anda bisa mengelapkannya pada layar laptop. Setelah layar bersih usap menggunakan tisu kering untuk menghilangkan sisa minyak kayu putih.

3. Membersihkan Layar Laptop Menggunakan Cairan Pembersih Kaca

Bukan hal yang aneh jika pembersih kaca Anda gunakan untuk membersihkan layar laptop. Cara membersihkan layar laptop menggunakan cara ini sudah banyak dipraktekkan dan memiliki hasil yang optimal. Namun Anda perlu hati-hati saat menggunakannya jangan sampai cairan ini memasuki sela-sela layar Anda, karena air yang masuk dapat merusak kabel fleksibel ataupun layar laptop. Semprotkan seperlunya saja pada layar dan cepat usap menggunakan tisu agar tidak merembet ke sela lcd bagian bawah. Untuk cara amannya Anda juga bisa menyemprotkannya pada kapas terlebih dahulu kemudian mengelapnya. Hasil dari menggunakan cairan pembersih kaca akan membuat layar Anda tampak lebih bersih dan mengkilap.

Kamu juga bisa menyaksikan video di bawah ini

Begitulah cara membersihkan laptop yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan hasil pembersihan yang efektif. Ditambah lagi dengan menggunakan cara-cara di atas Anda tidak memerlukan waktu yang lama untuk melakukan perawatan pada laptop. Laptop yang rutin dibersihkan akan memiliki performa yang baik serta tidak mudah rusak, sehingga laptop Anda akan lebih awet dan tetap terjaga penampilannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *