Cara Membersihkan Kulkas Agar Selalu Bersih Dan Bebas Dari Bau Tak Sedap

Posted on 69 views

Kulkas merupakan salah satu perabot rumah tangga yang harus dibersihkan secara rutin, mengingat kulkas adalah tempat penyimpanan berbagai macam makanan. Jika jarang dibersihkan, kulkas akan mengeluarkan bau tidak sedap. Sayangnya, fakta yang sering terjadi, banyak orang tidak mengetahui cara membersihkan kulkas yang benar. Kebanyakan orang lebih suka membersihkan seadanya saja. Bahkan ada yang menggunakan cairan kimia tanpa mempertimbangkan apakah kulkas menjadi higienis atau tidak setelah dibersihkan.

Cara Membersihkan Kulkas yang Benar

Meski dikatakan sebagai cairan pembersih, selama itu mengandung zat kimia, tetap akan berpotensi menjadi racun pada permukaan kulkas. Pada akhirnya racun-racun ini akan bersentuhan dengan makanan di dalam kulkas, yang menyebabkan seluruh orang yang menyantap makananminuman dari dalam kulkas tersebut keracunan. Oleh sebab itu, penting sekali menerapkan cara membersihkan kulkas yang benar. Pastikan juga cairan yang digunakan ampuh membersihkan kotoran, membunuh kuman, aman, dan mengatasi bau tidak sedap.

  1. Peralatan membersihkan kulkas

Sebelum membersihkan kulkas, Anda harus menyiapkan peralatan-peralatannya terlebih dahulu. Siapkan cairan pembersih, air panas, sarung tangan untuk mencuci piring, spons, lap basah dan lap kering, kain lembut, dan alat penyemprot.

  1. Mengosongkan isi kulkas

Setelah semua peralatan tersedia, mulailah pembersihan dengan terlebih dahulu mencabut stop kontak. Langkah ini akan menghindari Anda terkena resiko setrum dan menghindari pembuangan energi. Selanjutnya lakukan cara menguras kulkas dengan mengeluarkan isi kulkas dengan memilah bahan makanan mana yang masih bisa dikonsumsi dan mana yang sudah kadaluarsa. Selama mengosongkan isi kulkas, Anda bisa meletakkan bahan makanan yang layak konsumsi di atas es agar tetap dingin dan aman.

  1. Membersihkan Rak

Selain mengeluarkan bahan makanan, Anda juga harus melepaskan semua rak dan laci pada kulkas. Untuk menghindari licin yang bisa membuat rak terlepas dari tangan dan pecah, sebaiknya gunakan sarung tangan.

  1. Membuat larutan pembersih

Sebelum melakukan cara membersihkan kulkas yang benar, Anda harus membuat larutan pembersih terlebih dahulu. Campurkan cairan pembersih dan air panas, lalu tuangkan ke alat penyemprotan. Selain menggunakan cairan kimia, Anda juga bisa memanfaatkan bahan-bahan alami seperti baking soda, lemon, dan minyak zaitun. Baking soda memiliki sifat anti bakteri sehingga cocok digunakan untuk membersihkan kulkas. Anda cukup mencampurkan 3 sdtbaking soda dan 2 gelas air hangat, lalu celupkan spons ke dalamnya dan bersihkan dinding kulkas. Diamkan selama 5 menit, lalu bersihkan dengan lap bersih.

Selain baking soda, Anda bisa menggunakan lemon yang mengandung asam alami, yang ampuh membersihkan kotoran. Cukup campurkan air perasan 3 buah lemon dan 2 cangkir air hangat, lalu semprotkan pada interior kulkas. Diamkan selama 5 menit dan gosok kembali dengan lap bersih. Selain dengan air hangat, Anda juga bisa mencampurkan air lemon dengan minyak zaitun. Campuran kedua bahan ini dapat menghilangkan kotoran pada kulkas tanpa merusak dinding kulkas.

  1. Membersihkan perangkat kulkas

Setelah melakukan cara menguras kulkas dan membuat larutan pembersihnya, Anda bisa mencuci rak dan laci kulkas. Jika rak dan laci terbuat dari plastik, Anda bisa langsung mencucinya dengan larutan pembersih yang sudah dibuat. Namun jika rak dan laci terbuat dari kaca, diamkan terlebih dahulu di suhu kamar baru kemudian dicuci dengan larutan pembersih agar tidak retak. Selanjutnya, bilas & keringkan rak dan laci tersebut dengan lap bersih.

Sesudah itu, bersihkan juga segel karet di pintu kulkas dan penyangga rak & laci kulkas. Mengingat permukaan bagian ini cenderung sempit dan sulit dijangkau dengan lap, sebaiknya gunakan sikat gigi bekas. Selanjutnya, bilas semua permukaan kulkas sisi dalam dengan menggunakan lap basah dan keringkan menggunakan lap kering.

  1. Membersihkan permukaan kulkas

Setelah membersihkan seluruh permukaan dalam kulkas, lanjutkan dengan membersihkan permukaan luar kulkas. Mulailah pembersihan dari sisi atas. Jika kulkas Anda terbuat dari bahan stainlesssteel, sebaiknya gunakan kain lembut bersifat non-abrasif. Bilas semua permukaan luar kulkas dengan lap basah dan keringkan dengan lap kering. Setelah seluruh bagian kulkas dibersihkan dan dipastikan kering, masukkan kembali perangkat kulkas seperti rak dan laci, dan bahan makanan-minuman. Sambil mengembalikan isi kulkas, jangan lupa bersihkan wadah, botol, ataupun toples penyimpanan makanan agar tidak mengotori kulkas.

  1. Agar kulkas tidak cepat bau

Di samping bersih, kulkas juga harus senantiasa dirawat untuk menghindari bau tidak sedap. Ada 3 bahan yang dapat digunakan untuk menjaga kulkas agar tidak bau yaitu air perasan lemon, tisu gulung, dan bubuk kopi. Lemon sendiri diketahui beraroma segar dan tajam. Cukup letakkan wadah berisi air perasan lemon di dalam kulkas, aromanya yang segar dan tajam akan memenuhi kulkas & menghilangkan bau tidak sedap.

Untuk tisu gulung, tidak banyak yang mengetahui bahwa tisu gulung dapat menyaring berbagai partikel bau tidak sedap. Caranya, letakkan tisu gulung pada sudut kulkas yang tidak terkena air. Perlahan bau tidak sedap akan hilang karena partikel bau tidak sedap itu terperangkap pada lembaran tisu gulung tersebut. Namun perlu diingat, tisu gulung ini tidak boleh sampai basah.

Terakhir bahan yang bisa digunakan adalah bubuk kopi. Sebenarnya banyak yang mengetahui bahwa bubuk kopi dapat menghilangkan bau tidak sedap pada kulkas maupun pada sisi ruangan lainnya. Sayangnya banyak yang malas untuk menerapkan cara ini. Anda hanya perlu meletakkan bubuk kopi di dalam kulkas dan ganti bubuk kopi 2 minggu sekali agar kemampuan serap kopi tidak berkurang.

Memang masalah bau kulkas tidak dapat dihindari. Melakukan cara menguras kulkas dengan ala kadarnya saja juga tidak mampu mengatasi masalah bau tidak sedap secara tuntas. Dengan mempraktikkan cara-cara di atas, niscaya kulkas Anda akan senantiasa bersih dan bebas dari bau tidak sedap. Semoga membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *