Cara Membersihkan Kaca yang Buram (Cepat dan Mudah!)

Posted on 7 views

Di setiap rumah pasti mempunyai kaca, baik itu kaca dari jendela rumah atau kaca cermin. Kaca jendela salah satu fungsinya adalah untuk sarana masuknya cahaya matahari ke rumah. Sedangkan kaca cermin sendiri, mempunyai fungsi yang lebih beragam. Selain model atau desain kaca yang harus diperhatikan, faktor kebersihan dari kaca-kaca tersebut juga tak kalah pentingnya agar terciptanya hunian yang nyaman dan indah, maka dari itu penting untuk mengetahui Cara Membersihkan Kaca yang Buram.

Panduan Lengkap Cara Membersihkan Kaca yang Buram Agar Kinclong

Untuk yang tak ingin repot, mungkin bisa minta tolong kepada ahli bersih-bersih kaca untuk datang ke rumah Anda. Tapi, jika Anda mau sedikit capek, maka bisa mencoba membersihkannya sendiri dengan 7 Cara Membersihkan Kaca Yang Buram di bawah ini, yang memanfaatkan bahan-bahan yang dengan mudah bisa ditemui di sekitar:

1. Alkohol

Cara Membersihkan Kaca Yang Buram yang pertama adalah dengan menggunakan alhogol. Di mana sebaiknya untuk memilih alkohol dengan kadar 50% sampai dengan 90% yang bisa Anda temui di apotek terdekat. Cara untuk menggunakannya juga mudah, yaitu:

  • Tuang alkohol secukupnya pada kain lap yang lembut atau pada kapas
  • Gosokkan kain lap yang sudah diberi alkohol tersebut ke kaca yang buram
  • Lap secara merata hingga seluruh bagian kaca bersih
  • Terakhir, lap kembali menggunakan kain lap baru yang bersih

2. Pemutih Pakaian

Cara penggunaannya sama dengan alkohol di ayas, yaitu dengan menuangkannya ke lap yang mempunyai bahan lembut dan kemudian gosokkan ke seluruh permukaan kaca hingga bersih. Setelah itu, bersihkan kaca kembali menggunakan kain lap baru yang masih bersih hingga tak ada noda-noda yang tersisa.

3. Pembersih Muka (Face Tonic)

Apabila ada pembersih muka yang tak terpakai atau sudah kadaluwarsa, jangan dibuang terlebih dahulu, karena pembersih muka tersebut bisa dimanfaatkan untuk membersihkan kaca jendela dan juga cermin di rumah. Caranya juga masih sama dengan alkohol atau pemutih pakaian di atas.

4. Pasta Gigi

Udara yang terlalu lembab atau karena pengaruh dari uap panas yang dikarenakan oleh pemakaian air panas untuk mandi, bisa mengakibatkan kaca cermin di kamar mandi menjadi buram. Hal ini bisa di atas dengan membersihkannya menggunakan pasta gigi.

Caranya adalah dengan mengoleskan pasta gigi pada permukaan cermin, diamkan selama sekitar 15 menit. Setelah itu, bersihkan sisa-sisa pasta gigi tadi menggunakan selembar kain hingga bersih.

5. Cuka Makan

Cara Membersihkan Kaca Yang Buram selanjutnya adalah dengan menggunakan cuka makan. Tak hanya sebagai penambah cita rasa saat makan, ternyata cuka makan bisa digunakan untuk membersihkan kaca yang buram.

Cukup campurkan 2 sendok makan cuka dengan air, lalu tuangkan ke dalam botol semprot. Usap kaca dengan kain bersih dan kering. Jika Anda merasa baunya terlalu menyengat, maka gunakan masker hidung.

6. Tepung Maizena

Selain untuk memasak, tepung maizena juga sangat ampuh untuk membersihkan jendela kaca rumah. Caranya adalah dengan mencampurkan sekitar 45 gram tepung maizena dengan 125 ml air. Lalu, celupkan kain ke dalamnya dan gosokkan pada jendela. Awalnya, akan muncul lapusan tipis pada kaca jendela, setelah itu, gosok terus hingga kaca jendela nampak bersih seperti baru lagi.

7. Ampas Teh

Cara Membersihkan Kaca Yang Buram yang bisa Anda coba di rumah selanjutnya adalah dengan menggunakan ampas teh. Pertama, seduh ampas teh hitam yang sudah tak terpakai dengan 200 ml air bersih, lalu tambahkan cuka sekitar 40 ml. Kemudian, saring bahan-bahan tersebut dan tuang larutannya ke dalam botol semprot.

8. Lemon

Selain bahan-bahan di atas, bahan alami juga bisa digunakan sebagai cairan penghilang noda. Sama seperti cuka, lemon sendiri juga mengandung cairan asam yang bersifat bisa untuk menghilangkan noda membandel. Caranya, campurkan jus lemon dengan air hangat, lalu semprotkan pada kaca yang hendak dibersihkan. Dengan cara ini, noda akan hilang seketika.

9. Kapur Tulis

Anda bisa menggunakan kapur tulis yang berwarna putih, bukan yang berwarna-warni sebanyak kira-kira 5-10 batang. Siapkan juga air bersih dalam baskom kecil, lalu celupkan kapur-kapur tersebut ke dalam air. Gunakanlah kapur yang sudah basah tadi dengan menggosokkannya ke permukaan kaca yang kotor. Kemudian, bersihkan sisa kapur yang masih melekat di kaca menggunakan koran bekas yang basah. Dan terakhir, usap lagi menggunakan koran bekas yang masih kering.

10. Tembakau

Cara Membersihkan Kaca Yang Buram yang terakhir adalah dengan menggunakan tembakau. Tak hanya untuk bahan dasar rokok, tapi tembakau juga bisa untuk membersihkan kaca jendela maupun kaca cermin di rumah. Tak perlu tembakau mahal, tembakau kualitas rendah atau bahkan limbah daun tembakau juga bisa dimanfaatkan untuk hal ini. Caranya juga mudah, yaitu dengan merendam sekitar 200 gram daun tembakau ke air untuk sekitar 30 menit.

Setelah itu, gunakan air rendaman tembakau tadi untuk membersihkan kaca jendela, kaca cermin atau bahkan kaca lemari. Jika sudah, lap dengan kain bersih yang kering untuk membersihkan kaca tadi dari bekas tembakau yang masih melekat di permukaan kaca.

Setiap akhir pekan, Anda dapat memanfaatkan waktu luang untuk membersihkan kaca-kaca di rumah menggunakan Cara Membersihkan Kaca Yang Buram yang sudah disebutkan di atas. Memang cukup sulit untuk menjaga kebersihan kaca itu sendiri, tapi Anda bisa mengurangi risiko kaca menjadi buram dengan membersihkannya secara rutin tiap akhir pekan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *