Cara Membasmi Tungau di Kasur (Terampuh!)

Posted on 49 views

Apakah Anda kesal dengan adanya tungau di rumah? Sedang mencari tahu cara membasmi tungau  yang efektif? Simaklah penjelasan berikut ini. Tungau adalah hewan berukuran kecil yang sekilas terlihat seperti kutu. Hewan tersebut sulit untuk dilihat dengan mata telanjang. Bagaimana tidak, ukuran tungau sendiri hanyalah 0,5 mm. Jadi Anda tak bisa melihatnya tanpa menggunakan alat bantu.

Hewan tersebut biasanya berada di beberapa benda di rumah seperti misalnya sofa, kasur, karpet dan sejenisnya. Di sanalah tungau akan mendapatkan sumber makanan mereka. Sumber makanan tungau sendiri yaitu sel kulit mati dari manusia maupun sisa materi organik lain. Keberadaan tungau tak dapat Anda biarkan. Jika dibiarkan begitu saja maka tungau bisa menggigit Anda dan menyebabkan bentol atau gatal. Bahkan yang terparah gigitannya bisa memicu sesak napas. Itu sebabnya penting untuk mengetahui cara membasmi tungau di kasur dan di tempat lainnya.

Cara menghilangkan tungau di kasur yang paling cepat sebenarnya adalah dengan menggunakan insektisida atau bahan kimia sejenis. Namun, dengan menggunakan bahan kimia tersebut bisa menimbulkan dampak tertentu bagi kesehatan Anda. Jadi mengapa tidak coba memakai alternatif dengan bahan-bahan di sekitar Anda? Apa saja yang bisa digunakan? Inilah daftar lengkapnya.

7 Cara Membasmi Tungau di Kasur Terampuh

1. Menjemur

Cara pertama adalah dengan menjemur. Anda dapat menjemur beberapa perlengkapan rumah yang sekiranya menjadi tempat bersarangnya tungau. Tungau menyukai tempat lembab dan tidak bersih. Jadi coba saja jemur kasur, selimut, karpet, bantal, guling, dan sejenisnya di bawah sinar matahari. Pastikan sinar matahari mengenai barang-barang itu secara langsung. Dengan begitu maka tungau akan hilang dan tak akan muncul di sana lagi.

2. Mencuci dengan Air Panas

Cara menghilangkan tungau di kasur selanjutnya adalah dengan mencuci peralatan rumah dengan memakai air panas. Anda dapat mencuci guling, selimut, sprei, bantal, karpet, dan masih banyak barang lainnya lagi dengan air panas. Air panas bisa membunuh tungau. Tambahkan pula detergen anti bakteri sebagai solusi ekstranya. Untuk mencegah tungau datang lagi pastikan saja Anda rutin mencuci peralatan tersebut. Setidaknya cucilah dalam rentang waktu sebulan sekali. Setelah dicuci jangan lupa untuk dijemur hingga benar-benar kering. Jadi barang itu tak akan apek dan lembab lagi.

3. Jus Bawang

Siapa bilang bawang hanya bisa dipakai untuk memasak? Bawang nyatanya memiliki khasiat lain untuk menghilangkan tungau. Bawang merah dan bawang putih keduanya sama-sama bisa dipakai untuk membasmi tungau secara alami. Anda hanya perlu menghaluskan bawang dengan memakai blender. Jika sudah saringlah dan gunakan sarinya saja. Oleskan saja jus bawang tersebut ke tempat yang sekiranya dihuni tungau, misalnya celah kasur, sudut ruangan, celah sofa, permukaan karpet, dan sebagainya. Dalam hitungan jam tungau akan keluar sendiri dan satu per satu berjatuhan.

4. Kulit Durian

Sudah bukan rahasia lagi jika durian memiliki aroma khas yang bisa membuat pusing. Bukan hanya manusia saja yang bisa pusing, tungau juga bisa. Tungau yang menghirup aroma durian bisa sekarat dan mati. Jadi Anda bisa mencoba cara membasmi tungau di kasur dengan memakai durian. Tidak perlu buahnya, cukup gunakan kulitnya saja. Jadi setelah Anda menghabiskan buah durian, kulitnya jangan dibuang dulu. Letakkan saja kulit durian itu di kamar maupun ruangan lain yang kerap didatangi tungau. Letakkan di tempat yang menjadi sarangnya seperti misalnya di bawah kasur.

5. Cuka

Bumbu dapur lain yang bisa dipakai untuk membasmi tungau adalah cuka. Cara yang satu ini sangat efektif dan alami, jadi tak ada dampak apa-apa bagi Anda. Semprotkan saja cuka ke titik dimana tungau berada. Tunggu saja beberapa saat maka tungau beserta telur-telurnya pasti akan mati. Tidak perlu mencampurkannya dengan air. Cukup pakai cukanya saja dan letakkan di spray bottle misalnya botol bekas parfum.

6. Larutan Garam

Jika tadi ada cuka, maka kini ada larutan garam. Cara membasmi tungau yang satu ini mudah dan efektif. Anda tak membutuhkan banyak biaya untuk melakukannya. Masukkan saja larutan garam ke botol semprot, lalu semprotkanlah ke sarang tungau. Anda dapat menyemprotkannya di beberapa titik seperti kamar, sofa, karpet, dan tempat lembab lainnya. Tungau akan keluar dan mati dalam hitungan jam. Persis seperti saat memakai jus bawang.

7. Daun Sirsak

Yang satu ini juga tak kalah mudah dilakukan, yakni dengan memakai daun sirsak. Tungau, kutu busuk, dan hama lainnya bisa mati dengan memakai daun buah sirsak. Anda hanya perlu memetik beberapa lembar daun sirsak. Letakanlah di tempat yang sekiranya menjadi sarang tungau di rumah. Letakkan beberapa lembar daun itu dan tunggu beberapa saat. Tungau akan tidak betah lalu pergi dengan sendirinya. Sangat alami bukan?

Kamu bisa juga menyimak video di bawah ini

Cara membasmi tungau tersebut mungkin akan membutuhkan waktu yang sedikit lama. Tak akan instan seperti memakai insektisida. Namun, setidaknya cara tersebut lebih aman bagi kesehatan Anda dan penghuni rumah lainnya. Selain itu, langkah-langkah di atas juga mudah dilakukan. Bahannya juga mudah ditemukan di sekitar Anda.

Sekali lagi perlu bagi Anda untuk mengetahui cara membasmi tungau di kasur maupun di tempat lainnya. Tungau akan berbahaya jika tidak dibasmi. Demi menghindari gigitannya yang bisa berdampak ke kesehatan Anda, maka basmi saja sebelum terlambat.

Ketujuh cara menghilangkan tungau di kasur tersebut akan lebih baik jika dilakukan dengan rutin. Itu artinya Anda harus melakukannya selama beberapa kali. Dengan begitu tungau akan lebih benar-benar musnah dari rumah Anda. Semoga informasi ini bisa berguna bagi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *