10 Cara Membasmi Semut yang Ampuh dan Efektif!

Posted on 71 views

Semut adalah jenis serangga yang umum dijumpai manusia. Semut dapat ditemukan dimanapun termasuk di dalam rumah. Keberadaan semut tersebut tentunya sangat mengganggu. Selain rumah akan kelihatan tidak bersih dapat pula mengganggu kesehatan, misalnya penyakit kulit. Hal yang paling menjengkelkan adalah jika semut-semut tersebut mengerubungi makanan. Untuk menghilangkan rasa kejengkelan ini dapat dilakukan dengan membasmi semut yang ada di rumah. Terdapat banyak cara membasmi semut yang dapat dilakukan.

Cara Membasmi Semut di Rumah Anda

Setidaknya ada 10 cara membasmi semut yang dapat dilakukan. Cara yang dapat dilakukan kebanyakan dengan memanfaatkan bahan makanan yang dihindari semut atau tidak mungkin ada semut yang mau mengerubungi bahan makanan tersebut. Biasanya bahan makanan yang digunakan untuk membasmi semut mempunyai bau yang khas sehingga semut tidak suka dengan bau tersebut dan cenderung menghindari lokasi dengan bau tersebut.

1. Lemon

Bau lemon yang menyengat dan khas membuat semut tidak suka dengan buah ini. Cara mengusir semut dengan buah jeruk lemon adalah dengan membuat perasan buah lemon. Perasan buah lemon dapat ditaruh di botol semprot. Semprotkan perasan jeruk lemon tersebut pada tempat yang ingin tidak ada semut berkeliaran. Jika perlu dapat pula mengepel dengan perasan jeruk lemon.

2. Bubuk Merica atau Lada

Bubuk merica cukup efektif digunakan untuk mengusir semut yang nakal. Baunya yang khas membuat semut enggan untuk berada di sekeliling lokasi dengan bau menyengat seperti bau merica. Selain itu, rasa pedasnya juga membuat semut tidak tahan berada di sekitar lokasi dengan taburan bubuk merica di sekitarnya.

3. Kopi

Bubuk kopi selain enak diminum dalam keadaan hangat juga merupakan bahan yang efektif sebagai salah satu cara mengusir semut. Bubuk kopi dapat ditaburkan di jalur jalannya semut atau di tempat yang ingin bebas dari semut. Aroma serta kandungan mineral pada bubuk kopi membuat rumah akan bebas dari semut.

4. Garam

Garam dapat digunakan untuk menghalau semut agar semut tidak keluar dari sarangnya. Garam cukup ditaburkan di beberapa tempat dimana diketahui sebagai lokasi keluar masuknya semut. Hal ini dimaksudkan agar semut tidak memiliki akses yang cukup untuk keluar masuk sarangnya menuju rumah. Taburan garam dapat dibuat dengan lebar sekitar 3 sampai 5 centimeter.

5. Asam Boraks

Mungkin asam boraks tidak begitu familiar digunakan sebagai cara menghilangkan semut di rumah. Hal ini karena bahan ini tidak begitu mudah ditemukan di dapur. Bahan makanan seperti lada, jeruk lemon, kopi, merica dan garam sangatlah mudah ditemukan di dapur setiap rumah sedangkan asam borat tidak begitu awam untuk ditemukan. Salah satu alasannya adalah bahan asam boraks berbahaya jika terhirup apalagi jika dikonsumsi. Sehingga saat menggunakan bubuk asam borat untuk menghilangkan semut di lokasi-lokasi tertentu, sebaiknya berhati-hati agar tidak terhirup.

Cara menggunakan bubuk asam boraks sebagai cara menghilangkan semut di rumah dengan menaburkan bubuk dengan media pipet. Sehingga kehati-hatian dalam menaburkan bubuk ini dapat terjaga. Taburan bubuk ini dapat dilakukan pada pojok-pojok rumah dimana biasanya semut membuat rumahnya di pojok-pojok ruangan. Dapat pula ditaburkan di ruang makan dan dapur.

6. Tepung terigu

Tepung terigu juga efektif digunakan sebagai salah satu cara mengusir semut di rumah. Caranya cukup sederhana seperti cara menggunakan bubuk lada dan garam sebagai bahan pengusir semut. Cukup taburkan di tempat-tempat yang diinginkan tidak ada keberadaan semut didalamnya.

7. Minyak goreng

Minyak goreng adalah bahan lain yang dapat digunakan untuk mengusir semut. Pernahkah melihat semut disekitar tempat penggorengan di dapur? Semut cenderung menghindari minyak goreng, salah satunya karena kelengketan minyak goreng. Semut akan kesulitan bergerak dengan adanya minyak goreng. Bahkan semut dapat mati jika minyak gorengnya terlalu banyak. Sehingga oleskan sedikit minyak goreng pada tempat yang ingin tidak ada semutnya. Biasanya orang tidak suka jika gulanya dikerubuti semut sehingga oleskan minyak goreng pada tutup botol atau wadah gula.

8. Daun Sirih

Daun sirih tidak hanya digunakan oleh nenek moyang jaman dahulu sebagai bahan untuk membersihkan dan memperkuat gigi, tetapi juga salah satu cara mengusir semut di rumah. Daun sirih mempunyai bau yang sangat khas dan sungguh menyengat sehingga semut tidak tahan dengan baunya. Baunya daun ini efektif untuk mengusir semut. Salah satu alasan lainnya karena kandungan minyak atsiri pada sirih.

9. Mentimun

Mentimun dapat juga digunakan sebagai salah satu cara membasmi semut di rumah. Buah mentimun mempunyai kandungan air yang melimpah dan sifatnya beracun bagi jamur yang ditinggalkan oleh semut. Sehingga saat mentimun di taruh di meja makan, maka makanan akan terhindar dari kerumunan semut.

10. Kayu manis

Kayu manis mengandung minyak atsiri yang ampuh untuk mengusir semut. Kandungan minyak atsiri juga terdapat pada daun sirih sehingga fungsi kayu manis sama dengan daun sirih yang mampu mengusir semut tidak berkeliaran di rumah.

Kamu bisa juga menyimak video di bawah ini

Sebagian besar cara membasmi semut di rumah menggunakan bahan makanan yang mempunyai bau yang khas. Selain itu juga karena kandungan bahan mineralnya. Semut akan menghindari bau yang menyengat dan cenderung tidak suka berkeliaran di sekitarnya. Ada bahan lain yang bukan berupa bahan makanan yang dapat digunakan untuk membasmi semut yaitu bedak talc dan kapur semut. Jika lebih suka menggunakan bahan yang bukan bahan makanan, maka kapur semut adalah pilihan yang patut dicoba juga. Jika ingin menggunakan cara alami, lebih baik memilih satu diantara 10 cara efektif membasmi semut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *