Cara Download Video Youtube (Mudah dan Cepat!)

Posted on 99 views

Youtube merupakan situs streaming video paling populer bagi pengguna internet. Anda bisa memilih berbagai jenis video yang ingin ditonton. Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika menonton video di Youtube atau streamingseringkali menghabiskan kuota internet. Karena itu, banyak pengguna Youtube yang sering mengunduh video favoritnya agar bisa dilihat lagi secara offline. Untuk mengunduh video tersebut, ada cara downloadYoutubeyang bisa Anda gunakan.

Menonton dengan cara streaming di Youtube tentu menyenangkan jika Anda memiliki kuota data internet lebih banyak. Namun terkadang ada orang yang memilih mengunduh atau mendownload video yang disukai. Selain untuk menghemat kuota, cara  ini juga akan membuat Anda bisa melihat kembali video tersebut sewaktu-waktu tanpa harus ada jaringan internet. Mengunduh video dari Youtube bisa  Anda lakukan dari berbagai perangkat, baik dari smartphone maupun dari laptop. Berikut ini adalah beberapa cara download video di Youtube lewat laptop yang mudah.

5 Cara Download Video Youtube di PC atau Laptop

Jika Anda ingin mengunduh video dari situs Youtube di laptop, ada beberapa cara download video Youtube yang mudah. Dengan cara ini Anda bisa mengunduh berbagai video sesuai kebutuhan.

1. Menggunakan Ekstension atau Add On di BrowserMozillaFirefox

Jika browser Anda menggunakan aplikasi MozillaFirefox, maka cara downloadYoutube berikut ini bisa Anda coba, yaitu dengan menggunakan add ons atau ekstension. Caranya cukup mudah, pertama buka MozillaFirefox Anda lalu pilih menu di pojok kanan bagian atas berlogo garis tiga. Jika sudah pilih lagi menu Add-ons yang bisa Anda temukan ketika membuka menu ini.

Langkah selanjutnya setelah menu Add-ons ini terbuka adalah cari menu “EasyYoutubeDownloader Express” dari kolom pencariannya. Setelah ketemu pilih pada menu “AddtoFirefox”. Nah, jika langkah ini sudah Anda lakukan, cara download video Youtubemelalui browserFirefox selanjutnya tinggal dilanjutkan dengan membuka laman Youtubenya. Pilih saja video yang ingin Anda unduh.

Saat membuka video yang ingin diunduh ini, pada  tampilan layar Youtube tersebut, tepatnya di bagian bawah jendela video yang diputar, Anda akan menemukan tombol “Download”. Letak tombol ini berada di sebelah tombol “Subscribe” tepat. Klik saja tombol download itu. Kemudian Anda akan diminta untuk memilih kualitas video yang ingin didownload. Setelah memilih kualitasnya, video tersebut akan langsung didownload di perangkat laptop Anda.

2. Mengganti Alamat URL Situs

Selanjutnya yakni cara download video di Youtube yang bisa Anda terapkan untuk berbagai jenis browser. Tidak hanya menggunakan browser Mozilla Firefox saja namun juga bisa dengan Google Chrome, Opera Mini dan browser lainnya. Caranya yaitu dengan mengganti alamat URL Youtube.

Langkah pertama, buka Youtube dari browser Anda dan pilih video yang ingin didownload. Jika sudah terbuka, pada kolom url yang berada di bagian paling atas tampilan, tambahkan kode “ss” di depan url yang sudah ada. Jadi misalnya urlnya tertulis https://youtube.com/watch?v=hhjui, maka tambahkan kode “ss” di depan kata “youtube” sehingga menjadi https://ssyoutube.com/watch?hjsh. Enterlink tersebut.

Jika sudah, maka Anda akan langsung dialihkan ke situs savefrom.net.Di situs ini Anda akan menemukan video yang ingin Anda unduh tadi beserta pilihan kualitas videonya. Anda tinggal memilih kualitasnya dengan klik tombol panah hijau di sebelah tombol unduh. Setelah itu pilih kualitas yang Anda inginkan.

Langkah terakhir dari cara mendownload video di Youtubedengan mengganti alamat URL-nya adalah menunggu hingga proses download selesai. Setelah Anda memilih kualitas video yang akan diunduh, biasanya video akan langsung didownload secara otomatis. Namun jika Anda memilih kualitas yang sudah tertera di tampilan, maka Anda harus mengklik tombol unduh berwarna hijau di sebelahnya terlebih dahulu. Kemudian tunggu hingga proses download selesai.

3. Menggunakan Situs Download Video Youtube

Cara ini sering digunakan untuk mengunduh video Youtube selain mengganti alamat URLnya. Cara download video di Youtube ini tergolong sangat mudah, karena Anda hanya tinggal copypastelink video yang ingin didownload.

Langkah-langkah mengunduh dengan cara ini dimulai dengan buka terlebih dahulu video yang ingin Anda unduh. Jika sudah terbuka, copy atau salin alamat URL video tersebut. Langkah selanjutnya, buka situs yang menyediakan jasa download video dari Youtube. Salah satu situs itu misalnya https://www.vidpaw.com. Situs ini banyak digunakan karena tampilannya yang sederhana dan relatif ringan. Kemudian paste atau tempel link yang sudah Anda copy sebelumnya.

Langkah ketiga, pilih jenis video dan kualitas yang Anda inginkan. Keunggulan utama dari situs ini dibandingkan situs lain adalah selain bisa memilih kualitas video, Anda juga bisa memilih jenis video atau bahkan Anda bisa mengunduh baik videonya saja ataupun audionya saja.

Langkah terakhir, setelah memilih kualitas dan jenis video yang akan diunduh, tinggal klik tombol download. Setelah itu Anda akan dialihkan ke video tersebut. Kali ini di bagian bawah video Anda akan menemukan ada tombol titik tiga. Klik tombol tersebut maka Anda akan diberi pilihan download. Klik tombol download dan video Anda akan langsung diunduh. Tunggu hingga proses download selesai.

4. Menggunakan Aplikasi 4K Downloader

Cara mengunduh video Youtube selanjutnya adalah menggunakan aplikasi, yaitu aplikasi 4K downloader. Untuk menggunakan cara ini tentu saja Anda harus memiliki aplikasi 4K downloader terlebih dahulu. Jika belum punya, Anda harus mengunduh dan menginstall aplikasi tersebut di laptop Anda terlebih dahulu.

Jika aplikasinya sudah terinstal di laptop Anda, maka aplikasi tersebut sudah siap digunakan. Untuk menggunakannya, langkah pertama buka aplikasinya terlebih dahulu. Selanjutnya, buka youtube Anda dan cari video yang ingin didownload. Setelah video terbuka di browser, copylink video tersebut.

Langkah selanjutnya, kembali ke aplikasi 4k downloader Anda. Di aplikasi ini Anda akan melihat beberapa menu yang ditampilkan. Anda cukup klik pada menu “pastelink” dengan logo tanda plus berwarna hijau yang terletak di pojok kiri atas. Jika sudah, kemudian Anda akaj dialihkan pada pilihan kualitas video. Pilih kualitas beserta format video yang Anda inginkan. Terakhir klik tombol “download”  lalu tunggu hingga proses mengunduh selesai.

5. Mengunduh Dengan Aplikasi Internet DownloadManager

Cara mendownload video di Youtube terakhir juga menggunakan aplikasi yaitu aplikasi Internet DownloadManager. Sama seperti cara sebelumnya, Anda harus punya aplikasi ini terlebih dahulu di laptop Anda. Jika belum download dan instal aplikasi Internet Download Manager.

Langkah selanjutnya tinggal buka Youtube dan cari video yang Anda inginkan. Ketika memainkan video yang Anda pilih tersebut, akan ada ikon yang berbunyi “downloadthis video” setiap Anda memainkan video dari Youtube. Klik tombol ini jika Anda ingin mengunduh video tersebut.

Selanjutnya, Anda bisa memilih kualitas video dan format video yang akan Anda unduh tersebut. Yang perlu Anda ketahui adalah biasanya tidak semua video menyediakan pilihan kualitas dan format video. Jadi ketika Anda klik ikon “downloadthis video” dan tidak mendapatkan pilihan kualitas, maka itu adalah hal yang wajar.

Setelah memilih kualitas dan formatnya, video Anda akan langsung didownload. Tunggu hingga proses download selesai. Dan video yang Anda inginkan sudah tersimpan secara offline. Video yang sudah terdownload biasanya akan disimpan di folder berbeda khusus untuk menyimpan berbagai file yang diunduh lewat aplikasi IDM ini.

Anda bisa juga menyimak video berikut ini.

Meskipun Youtube adalah situs favorit setiap orang untuk menonton video favoritnya, namun tak jarang pula orang yang tidak mau menonton secara streaming. Selain untuk lebih menghemat data, namun juga agar video tersebut bisa ditonton secara berulang-ulang. Solusinya adalah dengan mendownload video yang Anda sukai tersebut.

Mengunduh video dari Youtube pun bisa Anda lakukan di perangkat apapun. Anda bisa mengunduh baik di smartphone maupun di laptop atau komputer Anda. Nah, untuk mengunduh video dari Youtube di laptop juga bisa dengan berbagai cara. Penjelasan tentang cara download video di Youtube lewat laptopdi atas bisa menjadi referensi sebelum Anda mulai mengunduh video favorit Anda. Anda bisa memilih cara mengunduh paling mudah menurut Anda apakah melalui aplikasi downloader ataukah melalui website dan cara lainnya. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *