7 Buah-Buahan yang Baik untuk Ibu Hamil

Posted on 275 views

Mengonsumsi buah-buahan merupakan hal penting bagi ibu hamil. Janin memerlukan banyak nutrisi untuk pertumbuhan yang optimal. Ibu hamil perlu untuk mengonsumsi makanan dengan gizi berimbang termasuk konsumsi buah-buahan. Beberapa buah yang baik untuk ibu hamil dapat dikonsumsi secara rutin demi terpenuhinya asupan nutrisi janin.

Pentingnya Rutin Mengonsumsi Buah yang Baik untuk Ibu Hamil

buah buahan yang baik untuk ibu hamil

Ibu hamil perlu mengurangi makanan cepat saji dan memperbanyak asupan vitamin. Menurut penelitian ibu hamil yang memakan makanan cepat saji akan berdampak adiksi dan kadar gula yang tinggi pada bayi yang dilahirkan. Penelitian lain merekomendasikan ibu hamil perlu mengonsumsi buah-buahan dan sayur untuk metabolisme, pemenuhan nutrisi dan kesehatan janin. Konsumsi buah yang tepat juga akan menolong ibu hamil mencegah konstipasi atau sembelit. Berikut ini adalah buah-buahan yang baik untuk dikonsumsi secara rutin oleh ibu hamil.

1. Alpukat

Asam folat yang tinggi pada alpukat bermanfaat untuk pertumbuhan neuron dan sel-sel baru pada janin. Asam folat juga membantu mengurangi risiko kemungkinan cacat lahir pada bayi sehingga alpukat merupakan buah yang baik untuk ibu hamil konsumsi sejak awal kehamilan. Alpukat juga mengandung banyak vitamin C, vitamin K, vitamin B, magnesium serta potasium. Kandungan lemak baik dan serat alpukat menurut penelitian dapat meningkatkan kesehatan janin dan bayi sewaktu lahir serta meningkatkan kualitas ASI. Meski memiliki banyak manfaat, tidak disarankan bagi ibu hamil untuk mengonsumsi alpukat dalam jumlah banyak. Penelitian merekomendasikan satu buah alpukat adalah porsi yang cukup untuk dikonsumsi ibu hamil setiap hari.

2. Pisang

Buah pisang mengandung vitamin C vitamin B-6, serat serta potasium yang tinggi. Kandungan serat yang tinggi membantu ibu hamil mencegah konstipasi. Pisang adalah buah yang baik untuk ibu hamil konsumsi sejak usia awal kehamilan. Beberapa penelitian membuktikan kandungan vitamin B-6 bermanfaat untuk meredakan mual dan muntah pada ibu hamil trimester awal. Buah pisang juga baik dikonsumsi untuk ibu hamil pada trimester dua dan tiga. Kandungan karbohidrat yang kaya pada pisang dapat meningkatkan metabolisme dan energi secara cepat pada ibu hamil yang rentan kelelahan di trimester dua dan tiga.

3. Stroberi

Stroberi merupakan buah dengan sumber vitamin C, antioksidan, serat serta karbohidrat yang menyehatkan. Kandungan air pada stroberi bermanfaat untuk mencegah dehidrasi. Vitamin C berguna bagi ibu hamil dalam penyerapan zat besi sehingga memicu sistem imun yang bagus pada ibu hamil dan janin. Jumlah buah stroberi yang disarankan untuk dikonsumsi adalah sebanyak satu mangkuk per hari bagi ibu hamil.

4. Apel

Apel mengandung vitamin A dan C, serat serta potasium. Menurut penelitian baik bagi ibu hamil untuk mengonsumsi satu apel per hari untuk mengurangi resiko anak terkena asma dan alergi pada anak. Tidak ada efek samping yang buruk bagi ibu hamil maupun janin bila mengonsumsi buah apel. Apel dapat dimakan secara langsung maupun diolah menjadi jus. Penting diperhatikan bagi ibu hamil untuk berhati-hati dan memastikan tidak menelan biji apel saat memakan buah apel karena biji apel mengandung sianida yang beracun.

5. Mangga

Mangga merupakan buah yang baik untuk ibu hamil karena kaya akan vitamin C, vitamin B-6, vitamin A, zat besi serta asam folat. Satu buah manggaper hari disarankan bagi ibu hamil karena cukup untuk memenuhi kebutuhan harian vitamin C dan vitamin A. Vitamin A baik bagi janin untuk membangun imunitas serta mengurangi resiko komplikasi pasca kelahiran bayi. Vitamin C baik untuk antioksidan untuk mencegah radikal bebas. Kandungan vitamin B-6 serta asam folat baik untuk perkembangan otak dan pertumbuhan sel pada janin. Rasa buah mangga yang manis juga dapat memenuhi kebutuhan nutrisi gula alami dan sehat bagi ibu hamil.

6. Pir

Buah yang baik untuk ibu hamil konsumsi selanjutnya adalah buah pir. Buah pir mengandung vitamin A, vitamin B-6, serat, potasium, magnesium dan folat. Potasium berguna untuk kesehatan jantung ibu dan janin serta dapat menstimulasi regenerasi dan pertumbuhan sel. Serat dan kandungan air pada buah pir bermanfaat untuk mencegah konstipasi. Jumlah asupan pir yang baik untuk ibu hamil yaitu 1-3 buah pir per hari dan baik dikonsumsi satu jam setelah makan. Hindari mengonsumsi buah pir bersama dengan susu karena dapat menimbulkan efek pencahar pada pencernaan.

7. Jambu Biji

Jambu biji merupakan salah satu buah yang baik untuk ibu hamil konsumsi karena mengandung vitamin E, vitamin C, vitamin A, vitamin B-2, vitamin B-9, kalsium polifenol, karotin, magnesium dan folat. Magnesium pada jambu biji membantu membuat otot lebih rileks, mengurangi stress fisik serta kelelahan. Kandungan vitamin C pada jambu biji lebih tinggi bila dibandingkan dengan jeruk dan lemon. Manfaat lain dari jambu biji bagi ibu hamil adalah dapat mengontrol tekanan darah, mengontrol kolestrol serta mengurangi resiko anemia selama kehamilan. Kandungan asam folat, vitamin B-9, kalsium juga diperlukan bagi perkembangan otak dan tulang pada janin.

Demikian ulasan mengenai tujuh buah yang baik untuk ibu hamil konsumsi secara rutin. Ibu hamil dapat mengonsumsi buah-buahan tersebut dengan porsi yang sedang dan tidak berlebihan. Penting untuk memperhatikan kebersihan dan kesegaran buah sebelum dimakan secara langsung maupun diolah menjadi jus atau salad. Semoga ulasan ini membantu para ibu hamil yang ingin buah hatinya sehat dengan mengonsumsi buah-buahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *