7 Peluang Bisnis Modal Kecil untuk Pelajar atau Anak SMA

Posted on 5 views

Bekerja sambil sekolah bisa Anda lakukan secara bersamaan. Tetapi dibutuhkan manajemen waktu yang baik agar jadwal belajar Anda tidak terbengkalai. Beberapa usaha ini selain bisa mengembangkan jiwa wirausaha dan hobi Anda, tentunya bisa menghasilkan rupiah untuk menambah uang saku dan menolong orang tua untuk membiayai SPP. Berikut ini beberapa bisnis modal kecil anak SMA.

Bisnis Modal Kecil untuk Anak SMA atau Pelajar

1. Membuka onlineshop, menjadi reseller atau dropshiper

Menjalankan bisnis online cukup menjanjikan, selain itu waktunya juga fleksibel. Anda bisa menjalankan usaha ini dari rumah setelah pulang sekolah. Anda bisa menjadi reseller maupun dropshipper. Sebelum menekuni bisnis ini, Anda harus mengetahui perbedaan dropshiper dan reseller. Dropsipher merupakan usaha Anda mempromosikan produk suplier tanpa membelinya terlebih dulu. Ketika ada customer ada yang membelinya, Anda cukup order ke supplier. Kemudian supplier akan mengirimkan barang tersebut ke customer atas nama Anda. sedangkan reseller, Anda perlu memberi produknya terlebih dulu kemudian menjual kembali dengan harga yang lebih tinggi. Intinya reseller mengharuskan Anda menjual barang terlebih dahulu. Sementara dropshiper Anda hanya menjadi promotor saja tanpa harus membelinya. Menjadi reseller merupakan bisnis tanpa modal untuk pelajar yang bisa dilakoni.

2. Jualan jajanan

Jualan jajanan ringan juga bisa dilakukan oleh pelajar. Anda bisa memasuki kelas-kelas untuk menawarkan jajanan atau minuman yang Anda jual. Pastinya menguntungkan. Yang harus Anda persiapkan hanyalah mental. Jangan malu untuk menawarkan jajanan Anda ke teman-teman. Usaha yang satu ini bisa Anda lakukan sendiri dengan cara membuatnya di rumah kemudian dikemas. Agar laku, sebaiknya lakukan survey terlebih dahulu mengenai makanan ringan apa sajakah yang diminati mereka. Dengan menjalankan usaha ini, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang bisa digunakan untuk membayar SPP atau membantu orang tua. Pelajaran penting yang bisa diambil dari menjalankan usaha ini adalah giat bekerja, tidak pemalu, pekerja keras dan mandiri.

3. Usaha voucher isi ulang

bisnis jasa ulang voucher merupakan bisnis modal kecil anak SMA. Karena itu, bisnis ini sering dilakukan para pelajar atau mahasiswa. Sekarang handphone merupakan kebutuhan primer, tentunya kebutuhan pulsa dan data juga meningkat. Untuk menjadi penjual pulsa, Anda cukup mendaftarkan diri di agen pulsa terdekat. Untuk pemasaranya, Anda bisa menginfokan kepada teman kelas dan tetangga rumah. Meskipun keuntunganya tidak seberapa, tetapi jika pelanggan banyak dan melakukanya dengan tekun, hasilnya akan lumayan.

4. Ojek online

Bagi Anda yang suka jalan-jalan kesana-kemari menghabiskan bensin, Anda bisa memanfaatkan fasilitas ojek online yang kini menjamur di Indonesia. Selain dapat kenalan baru, Anda juga bisa dapat uang. Jalan-jalan Anda pun menjadi lebih produktif. Anda tidak perlu mengeluarkan modal dalam jumlah besar. Yang dibutuhkan hanyalah kendaraan roda dua, surat-surat lengkap seperti SIM, STNK, SKCK. Penghasilanya juga lumayan, mulai dari puluhan sampai ratusan ribu. Dan yang paling penting profesi ini tidak akan mengganggu jam belajar Anda di sekolah maupun di rumah.

5. Penjual kerajinan tangan

Bagi Anda yang hobi membuat art dan craft, Anda bisa memanfaatkanya untuk dijual. Jika hobi membuat kerajinan dan menyukai kelas seni, Anda bisa mencoba membuat kerajinan untuk dipasarkan secara online maupun offline. Anda bisa membuat origami, kaos sablon, bros dari flanel ataupun kain perca, tote bag, dan masih banyak lagi.

6. Guru les privat

Jika Anda merupakan salah satu siswa berprestasi, bisnis modal kecil anak SMA ini bisa dicoba. Anda bisa mencoba membimbing akademik mereka secara privat di rumah. Anda juga bisa menawarkan jasa bimbingan belajar kepada orang tua siswa yang sedang mengantarkan atau menjemput anak mereka.  Dengan mengatur jadwal yang tepat tanpa mengganggu sekolah, waktu luang Anda akan lebih produktif dan menghasilkan. Untuk memulainya, Anda juga bisa mencoba memberikan les privat kepada anak tetangga atau saudara. Jika puas, mereka akan merekomendasikanya ke orang lain. Tidak hanya sarjana saja yang bisa melakoni profesi ini. Pelajarpun bisa asal ilmunya mumpuni. Tetapi untuk seorang pelajar SMA yang ingin menjajal menjadi tentor haruslah mematok tarif rendah terlebih dahulu mengingat tidak adanya jaminan sertifikat bahwa Anda mempunyai bekal ilmu yang cukup.

7. Konten writter

Konten writer merupakan penulis bayaran yang disewa oleh pengelola website atau blog. Penghasilan yang didapat sesuai jumlah kata tiap artikel yang Anda buat. Saat ini artikel bahasa Indonesia dengan panjang 100 kata bisa dijual antara 1000-3000. Lalu untuk artikel berbahasa Inggris bisa lebih mahal lagi, tergantung pemilihan kata dan kualitas artikel yang baik. Jika Anda hobi menulis, bisnis ini sangat cocok ditekuni. Meskipun belum bisa menulis layaknya sebuah berita, Anda bisa menulis artikel Seo friendly, karena jenis tulisan tersebut banyak diminati oleh pegiat bisnis online.

Demikian,beberapa bisnis modal kecil dan bisnis tanpa modal untuk pelajar. Jangan menyerah jika mengalami kendala atau kegagalan dalam menjalankan bisnis. Teruslah berusaha sampai Anda menjadi ahli di bidangnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *