7 Ide Bisnis Modal Kecil untuk Anak Kost

Posted on 108 views

Sebagai anak kuliahan yang tinggal di kost, tentunya akan sangat menarik untuk memiliki usaha sendiri. Tentunya ada banyak alasan yang bisa melatarbelakangi hal ini. Salah satunya adalah untuk mencari penghasilan tambahan. Dengan memiliki suatu usaha yang dikerjakan, seorang anak kuliahan akan bisa menghasilkan uang sendiri, setidaknya sebagai tambahan uang saku atau dijadikan tabungan sekiranya diperlukan di saat mendesak. Lebih lagi, biasanya anak kost seringkali memiliki waktu yang lebih longgar karena tidak terikat dengan kegiatan di masyarakat, layaknya kalau tinggal di rumah. Karena itulah, memiliki peluang usaha. Bila Anda juga seorang anak kuliahan dan tinggal di kost, barangkali beberapa ide bisnis modal kecil anak kost ini bisa menjadi referensi yang tepat bagi Anda.

Beberapa Referensi Bisnis modal Kecil untuk Anak Kost

1. Dropshiper atau reseller

Bisnis modal kecil anak kost pertama yang bisa dilakukan adalah menjadi dropshiper atau reseller. Sesuai namanya, dalam usaha ini Anda akan berperan sebagai seorang yang menjual barang. Tentunya, ada perbedaan antara dropshiper dan reseller. Kalau reseller adalah menjalankan usaha untuk menjual kembali suatu barang tertentu. Dalam hal ini, sudah pasti Anda harus membeli terlebih dahulu barang yang akan Anda jual kembali. Sedangkan dalam usaha dropshiper, Anda lebih berperan untuk mempromosikan barang da nada supplier yang siap menyediakan barang begitu ada pembeli atau pemesan barang yang Anda promosikan.

Usaha ini tergolong sangatlah menjanjikan karena sekarang medianya sangatlah mudah. Anda hanya perlu memiliki akun media sosial untuk menjual dan mempromosikan barang Anda. Untuk urusan modal, sebenarnya tidak diperlukan modal terlalu besar karena bisa dilakukan secara bertahap.

2. Desain grafis

Bagi Anda yang merupakan mahasiswa di jurusan desain atau memiliki keterampilan dalam membuat desain, ini akan menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Peluang usaha ini sangatlah seru karena sekarang ini semakin besar permintaan untuk pembuatan desain, mulai dari desain poster, logo, hingga desain lainnya. Tentunya, perangkat yang diperlukan pun tidaklah sulit. Anda hanya memerlukan komputer yang mampu menjalankan program atau software desain. Hal ini tentunya tidaklah sulit kalau memang Anda seorang mahasiswa di jurusan desain.

3. Event organizer

Bisnis dan peluang usaha yang ketiga ini juga sangatlah menjanjikan. Belakangan ini sudah banyak anak kost dan mahasiswa yang juga merintis usaha ini bersama teman-temannya. Tentunya, event organizer tidaklah terikat pada suatu kegiatan yang berskala besar seperti pernikahan dan kegiatan besar lainnya. Berbagai event bisa dikelola. Dalam hal ini, yang diperlukan adalah kreativitas dalam menyusun suatu acara dengan dipadukan sumber daya manusia yang memang bisa bekerja dalam satu tim dengan baik.

4. Fotografer

Bisnis modal kecil anak kost selanjutnya adalah fotografer. Menjadi fotografer tidaklah hanya bisa dilakukan oleh mereka yang secara khusus belajar dan kuliah di jurusan fotografi. Sekarang ini, menjadi fotografer bisa sangatlah mudah dilakukan selama memang ada perangkat kamera yang memadai, setidaknya adalah kamera DSLR beserta beberapa pilihan lensa sesuai kebutuhan.  Bila didukung pula dengan kemampuan editing serta sarana tambahan seperti lighting, pastinya ini akan menjadi suatu pekerjaan sekaligus hobi yang menjanjikan.

5. Bimbingan belajar

Usaha yang satu ini bisa dikatakan sangatlah seru dan memang banyak peminatnya. Tentunya, pilihannya tidaklah sekedar untuk membuat suatu bimbingan belajar, tapi bisa juga dengan menjadi seorang guru atau privat. Sudah pasti, tidak diperlukan modal besar untuk kegiatan yang satu ini. Hanya diperlukan pengelolaan waktu yang bagus disertai beberapa alat tulis. Untuk urusan materi, sudah past ini sangatlah mudah didapatkan, entah itu membuat sendiri atau menggunakan materi yang ada di buku.

6. Penulis lepas

Bila Anda senang menulis, pekerjaan ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Pekerjaan ini sangatlah seru bagi yang memang hobi menulis. Daripada sekedar menulis, ada baiknya bila hobi itu disalurkan ke pekerjaan sebagai penulis lepas. Modal yang diperlukan pun tidaklah besar karena yang diperlukan utamanya adalah perangkat komputer serta jaringan internet.

7. Ojek online

Pilihan lainnya adalah menjadi ojek online. Ini tentunya bisa menjadi pilihan tepat bagi yang memiliki kendaraan pribadi dan memang cukup bisa mengendarai kendaraan secara aman. Didukung dengan stamina yang bagus, tentu pekerjaan ini bisa menjadi salah satu peluang usaha yang menjanjikan.

Itulah beberapa referensi terkait beberapa ide bisnis modal kecil anak kost serta peluang usaha lainnya yang bisa digeluti. Tentunya semuanya itu adalah hal yang sangatlah mudah dilakukan, terutama bagi yang memang memiliki minat dan bakat pada bidang tertentu. Untuk urusan modal, sebagian besar modalnya adalah dari barang yang sudah dimiliki, sehingga tidak perlu sampai mengajukan kredit atau menyisihkan uang dalam jumlah besar, sehingga tidak akan ada hambatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *