10 Contoh Usaha Makanan Ringan yang Sangat Menjanjikan

Posted on 83 views

Berbisnis tidak selalu mengeluarkan modal besar. Dengan modal minim, Anda bisa membuka suatu usaha, salah satunya melalui bisnis makanan ringan. Banyak orang menyukai makanan ringan sebagai teman ngopi atau ngeteh, teman begadang mengerjakan tugas, teman nonton bola dan lainya. Dengan berbisnis makanan ringan, Anda juga tidak perlu menyewa ruko khusus atau membeli mesin khusus, karena semua bisa dikerjakan di rumah. Berikut ini rekomendasi bisnis makanan ringan yang menjanjikan.

10 Bisnis Makanan Ringan yang Menjanjikan

1. KOI fish jelly

Usaha makanan ringan yang cukup menjanjikan pertama yakni koi fish jelly. Mengemas agar-agar dalam bentuk ikan koi cukup unik. Selain bermodal minim, makanan ini juga bisa dengan mudah Anda buat di rumah. Hanya butuh agar-agar dan cetakan saja. Caranya masak agar-agar sampai mendidih. Sambil menunggu mendidih, teteskan pewarna makanan pada cetakan sebagai hiasan. Setelah mendidih, tuangkan agar-agar dalam cetakan. Untuk bagian matanya, Anda bisa menggunakan kismis yang dipotong kecil-kecil.

2. Donat

Dengan modal minim, Anda bisa menjalankan bisnis ini. Donat menjadi salah satu kue yang banyak disukai masyarakat. Untuk membuatnya lebih menarik, Anda bisa mengkreasikan donat dengan berbagai jenis topping diatasnya seperti greentea, oreo, dark choco, red velvet, kitkat. Tampilanya tentu akan semakin menarik dan membuat terpikat setiap orang yang melihatnya.

3. Pempek

Pempek juga merupakan salah satu bisnis makanan ringan yang menjanjikan dan cukup potensial. Rasa pempek yang gurih dan nikmat akan memikat banyak orang untuk memakannya. Bahan bakunya pun tidak cukup suit didapat yakni berupa tepung terigu dan kanji, ikan tenggiri, bawang putih,penyedap rasa, asam jawa, ebi, dan lainya. Anda bisa dengan mudah membeli semua bahan yang diperlukan di pasar atau supermarket.

4. Basreng

Basreng merupakan makanan ringan berbahan dasar bakso. Basreng yang merupakan anonim dari bakso goreng kemudian ditaburi bumbu pedas asin yang membuatnya makin nikmat. Usaha makanan ringan yang satu ini juga cukup menjanjikan. Karena masyarakat banyak yang menggemari cemilan ini. Proses membuatnya juga cukup mudah dengan bahan baku yang mudah didapatkan.

5. Hotdog dan burger

Junk food yang terkenal di mancanegara ini cukup terkenal juga di Indonesia. Terbukti dengan penjual burger dan hotdog yang semakin menggeliat. Bisnis makanan ringan yang satu ini juga cukup menjanjikan. Untuk memulai bisnis burger dan hotdog yang, penting Anda perhatikan untuk memakai bahan baku yang berkualitas baik. Karena ini akan berpengaruh terhadap citarasa makanan. Soal harga, Anda bisa menyesuaikanya dengan target pasar Anda. Jika targetnya anak sekolah, jangan dibanderol terlalu mahal.

6. Fiench fries

Bisnis makanan ringan lainya yang cukup menjanjikan yakni french fries. Selain mudah dijalankan, penggemar cemilan renyah satu ini juga banyak. Bahan untuk membuat frech fries juga mudah didapat yakni kentang dengan ukuran besar. Caranya, kupas kentang kemudian potong memanjang, setelah itu rebus air mendidih. Setelah mendidih masukan kentang. Jangan lupa tambahkan garam dan bawang putih geprek pada air rebusan.  Jangan terlalu lama merebusnya,  cukup 1-5 menit saja. Angkat dan tiriskan. Lalu masukkan kedalam frezer selama 5 menit.  Setelah 5 menit, keluarkan kentang dan campurkan dengan tepung maizena. Setelah tercampur rata, masukkan kembali kentang kedalam frezer.  Dan kentang siap digoreng.

7. Gurilem

Rasa kerupuk yang khas dan diminati banyak orang merupakan peluang bisnis Anda. Bahan bakunya juga tidak terlalu rumit. Meskipun remeh, tetapi jika Anda menjalankanya dengan serius, akan menghasilkan omset yang lumayan. Untuk distribusinya, Anda bisa menawarkan pada rekan, saudara atau tetangga. Bisa juga dengan menitipkanya di warung-warung. Untuk membuatnya lebih menarik, cobalah berkeasi dengan menambahkan beberapa varian rasa pada kerupuk ini.

8. Jamur crispy

Selain citarasanya yang enak, jamur juga mempunyai  kandungan gizi yang baik untuk tubuh sehingga menjadi salah satu rekomendasi cemilan sehat. Rasa kriuk dan gurih tepung krispi berpadu dengan jamur yang kenyal akan menghasilkan citarasa yang luar biasa. Apalagi menyantapnya dalam kondisi hangat-hangat. Proses pembuatannya pun terbilang mudah dan tidak dibutuhkan ketrampilan khusus. Cukup sediakan jamur tiram dan tepung crispy. Untuk membedakanya dengan jamur crispy lainya, Anda bisa menambahkan bumbu variasi seperti berbeque, jagung manis, balado, sapi panggang, dan sebagainya.

9. Leker

Kue yang bertekstur crispy dan manis dengan isian beraneka ragam ini banyak disukai masyarakat. Bisnis kue leker merupakan salah satu bisnis makanan ringan yang menjanjikan. Untuk memulainya juga tidak perlu modal besar. Bahan bakunya juga murah dan mudah didapat seperti tepung terigu, telur, susu cair, dan sebagainya. Untuk menambah varian Anda juga bisa menawarkan leker dengan isi telur, daging, sosis, sayur, dan lainya.

10. Stick keju

Selain camilan yang gurih dan renyah. Stick keju juga mempunyai beberapa kandungan gizi yang menyehatkan seperti vitamin A, C, D, K, kalsium, natrium, dan masih banyak lagi. Proses membuatnyapun sangat mudah. Cukup campurkan adonan yang terdiri dari sagu, keju, mentega, dan telur. Lalu bentuklah menjadi stik. Kemudian goreng dan jadilah. Simple kan.

Demikian, 10 bisnis makanan ringan yang menjanjikan. Semoga bisa menjadi referensi bagi Anda yang sedang bingung mau membuka usaha apa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *