10 Ide Bisnis Makanan Ringan yang Unik untuk Mahasiswa

Posted on 96 views

Mahasiswa merupakan sebutan bagi mereka yang mengenyam pendidikan di perguruan tinggi. Mahasiswa berperan penting dalam pembangunan suatu negara, tak heran jika mereka mempunyai banyak kreativitas, menjadi pebisnis salah satunya. Selain memperoleh rupiah, jiwa enterprenerur Anda juga semakin diasah. Salah satu bisnis yang potensial di kalangan mahasiswa yakni bisnis makanan ringan. Apa saja sih bisnis makanan ringan untuk mahasiswa yang unik dan menarik? Berikut ulasanya.

Rekomendasi Bisnis Makanan Ringan untuk Mahasiswa

1. Pisang nugget

Pisang nugget merupakan makanan ringan yang terbuat dari pisang yang dibalut dengan tepung roti.  Dalam proses pembuatannya pisang dikukus terlebih dulu kemudian dihaluskan dan dicampur bahan lain seperti tepung, dan sebagainya. Anda bisa mencoba menjual pisang nugget ini dengan sistem pre-order atau membuat booth sendiri di lokasi yang cukup strategis. Jangan lupa mempromosikan bisnis Anda di media sosial untuk menjaring pembeli.

2. Kedai kopi

Kedai kopi merupakan salah satu bisnis makanan ringan untuk mahasiswa yang cukup diminati karena umumnya mahasiswa suka nongkrong dan begadang. Dulu, kopi hanya identik dengan bapak-bapak. Tetapi sekarang, ngopi sudah menjadi salah satu trend anak muda. Banyaknya varian kopi dan camilan juga menentukan minat seseorang untuk nongkrong di kedai kopi tersebut.  Sebelum memulai usaha, baiknya Anda melakukan survei terlebih dulu mengenai jenis kopi yang paling diminati pasaran. Tentukan juga menu andalan di kedai kopi Anda.

3. Kreasi mie instan

Siapa yang tak tahu mie instan? Makanan ini seringkali menjadi makanan pokok ketika akhir bulan bagi para mahasiswa yang ngekos. Mie instan juga bisa dibuat menjadi banyak kreasi untuk menambah selera makan serta sajian unik.

4. Kue cubit kekinian

Jajanan tradisional era 1990-an ini mendadak ngehits akhir-akhir ini. Tentu ini suatu peluang bisnis bagi Anda. Dahulu kue cubit hanya sekedar kue yang diberi meses diatasnya. Kini, Anda bisa mengkreasikan kue cubit dengan berbagai toping dan warna seperti red velvet , green tea, taro, buble gum, ovomaltime, dark choco, dan sebagainya.

5. Cheese cake

Cheese cake merupakan salah satu kue yang populer. Kue ini mempunyai tekstur lembut dengan butter dan krim keju didalamnya. Tampilan kue ini juga menarik dengan adanya parutan keju  dan krim keju yang meleleh. Tekstur kejunya yang lembut di mulut membuat Anda tidak bisa menolak untuk memakannya. Peluang binsis chesee cake juga cukup menjanjikan. Anda bisa berkreasi dengan menciptakan cheese cake unik dan menarik. Untuk sistem penjualanya, bisa melalui pre-order atau dititipkan di toko kue sekitar kampus.

6. Salad buah

Olahan satu ini juga banyak peminatnya. Apalagi saat ini banyak anak muda yang sadar untuk menjaga gaya hidup mereka salah satunya dengan mengkonsumsi makanan sehat. Cara membuat salad cukup mudah. Anda bisa mencari berbagai jenis buah-buahan di toko buah. Sementara toppinngya bisa Anda beli di swalayan.

7. Bakso dan sosis bakar

Sosis merupakan olahan yang terbuat dari daging, bisa daging sapi, ayam, ataupun ikan. Sosis cukup populer di kalangan masyarakat termasuk mahasiswa. Selain sebagai makanan pendamping, sosis juga bisa menjadi cemilan salah satunya sosis bakar. Sosis bakar mempunyai beragam ukuran dari kecil sampai besar. Cara membuat sosis bakar mudah sekali, cukup oleskan sosis dengan bumbu bakar atau berbeque kemudian panggang lalu siram dengan saus dan mayonise.

8. Cireng berbagai rasa

Cireng merupakan cemilan khas Jawa Barat yang bisa menjadi bisnis makanan ringan untuk mahasiswa. Makanan ini terbuat dari tepung tapioka dan tepung terigu beserta bumbu lainya. Jika dahulu cireng hanya dijual dengan rasa original saja, kini cireng banyak diolah dengan berbagai rasa seperti keju, berbeque. Anda  juga bisa menambahkan isian cireng seperti isi ayam, sosis, tempe pedas, dan sebagainya.

9. Brownies beku stik

Brownis merupakan salah satu cemilan berbentuk roti. Anda bisa memodifikasi kue satu ini dengan membekukanya di freezer. Rasanya mash sama dengan brownis tetapi teksturnya keras dan bentuknya seperti es krim stik. Ini merupakan langkah baru untuk menikmati brownis dengan nuansa yang berbeda.

10. Seblak

Seblak merupakan makanan yang berbahan dasar kerupuk mentah. Jajanan ini merupakan salah satu kuliner yang berasal dari Bandung. Seblak banyak digemari oleh masyarakat mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Rasanya yang lezat dan khas membuat banyak orang menyukai makanan ini. Selain kerupuk yang direndam, seblak juga menggunakan berbagai sayuran sebagai isianya.

Seblak kini berkembang dengan banyak variasi seperti seblak mie, seblak ceker, seblak bakso, seblak jamur, seblak cilok, dan sebagainya. Akhir-akhir ini seblak begitu populer di tengah masyarakat. Tingginya permintaan seblak bisa menjadi peluang bisnis Anda.  Jumlah penggemar seblak yang semakin meningkat akan menjadikan bisnis seblak Anda beromzet besar dan sukses.

Nah, itu dia beberapa rekomendasi bisnis makanan ringan untuk mahasiswa. Manakah yang ingin anda geluti? Tetapi jangan lupa pastikan Anda memanajemen waktu dengan baik agar aktivitas di kampus dan bisnis bisa berjalan bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *