10 Ide Bisnis Makanan Ringan Rumahan

Posted on 22 views

Usaha makanan memang tidak ada habisnya. Mengapa? Karena semua orang butuh makan, baik makanan pokok maupun camilan. Usaha makanan ringan juga bisa menghasilkan omzet yang besar jika Anda pintar mengelolanya. Ada banyak sekali ide bisnis makanan ringan rumahan yang bisa Anda coba mulai dari keripik sampai kue-kuean.

10 Rekomendasi Bisnis Makanan Ringan Rumahan

1. Makaroni

Makaroni merupakan makanan ringan yang berbahan dasar terigu. Akhir-akhir ini masyarakat banyak yang mencari makaroni. Biasanya makaroni dibuat menjadi cemilan pedas baik berkuah maupun kering. Makaroni dengan jenis pasta ini biasanya disajikan di restoran atau cafe. Tetapi Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dan dipasarkan di warung.

2. Pangsit

Pangsit merupakan cemilan berupa keripik dengan tekstur renyah dan gurih. Biasanya pangsit dijadikan lauk tambahan dalam beberapa olahan makanan seperti bakso dan soto. Pangsit juga bisa dijadikan cemilan saat bersantai bersama keluarga. Jika tidak ditaburi bumbu, rasa pangsit hanya gurih saja. Anda bisa menambahkan varian rasa pada pangsit seperti bumbu balado, berbeque, ayam bawang, pedas, greentea, dan sebagaonya. Pangsit merupakan peluang usaha yang cukup menguntungkan karena proses pembuatanya sangat mudah.

3. Singkong keju

Singkong keju merupakan makanan ringan sekaligus mengenyangkan. Cara membuat singkong keju yakni kukus singkong sampai empuk. Setelah itu angkat dan tambahkan dengan bumbu berupa bawang putih dan garam. Diamkan beberapa saat kemudian rebus kembali sampai benar-benar empuk. Setelah empuk, singkong kemudian digoreng sampai garing dan taburi dengan keju parut. Mudah bukan.

4. Mie lidi

Peluang usaha ini cukup bagus dan target pasarnya pun luas. Sebelum memulai usaha, sebaiknya Anda melakukan riset terlebih dahulu menu favorit masyarakat. Atau bisa juga dengan membuat menu khas lidi produksi Anda. Tetapi pilihan menu tersebut harus disesuaikan dengan sasaran konsumen.

5. Aneka kue

Saat ini banyak sekali jenis kue yang dijual di pasaran baik kue kering maupun kue basah. Kue kering mempunyai daya tahan relatif lebih lama setelah diproduksi dan disimpan dengan benar. Tetapi kue basah merupakan jenis kue yang tidak tahan lama dan harus cepat dimakan karena cepat basi. Biasanya berbagai jenis kue kering banyak dicari pada moment tertentu seperti mendekati lebaran, natal atau tahun baru.  Beberapa kue kering yang bisa Anda buat antara lain kue nastar, puteri salju, kastengel, dan sebagainya. Sedangkan kue basah biasanya dijual di pasar-pasar tradisional atau pusat perbelanjaan. Kue basah mempunyai peminat lebih banyak dibanding kue kering. Beberapa kue basah yang laris di pasaran antara lain kue lemper, kue klepon, kue apem, pastel, ketan, puteri ayu, dan sebagainya.

6. Tart ulang tahun

Bisnis tart ulang tahun juga berpotensi menjadi bisnis makanan ringan rumahan yang menggiurkan. Karena banyak toko-toko kue yang menawarkan jasa pemesanan kue tart ulang tahun. Untuk menjalankan bisnis ini Anda bisa mempromosikan lewat media sosial seperti facebook dan instagram dengan sistem Cod atau. Bisa juga dengan menitipkan contoh kue buatan Anda di toko kue. Kesuksesan bisnis ini terletak pada seni rias kue dan teknik pemasaran Anda.

7. Aneka keripik

Keripik merupakan makanan ringan yang digemari masyarakat Indonesia. Beberapa keripik yang laris dijual di pasaran antara lain keripik singkong, talas, kentang, pisang, keripik rebung, keripik bawang dan sebagainya.

8. Aneka gorengan

Tidak perlu modal besar untuk menjalankan bisnis ini. Tetapi modal awal cukup terasa karena harus membeli berbagai peralatan dan bahan untuk memulai membuka usaha. Beberapa jenis usaha gorengan yang diminati masyarakat antara lain gorengan pisang, bakwan sayur dan udang, ubi dan singkong goreng, risoles, tahu isi goreng, dan tempe goreng. Jika Anda berniat membuka usaha gorengan, jangan lupa sediakan jenis gorengan tersebut. Menjalankan usaha ini mungkin terdengar kurang keren bagi sebagian orang. Tetapi bagi mereka yang punya jiwa enterpreneur, bisnis gorengan merupakan peluang usaha yang akan mendatangkan banyak keuntungan.

9. Banana chocolate stick

Jika Anda ingin mencoba membuka bisnis makanan ringan rumahan yang anti maenstream, banana chocolate stick pilihanya. Harga pisang yang murah akan mendadak menjadi mahal jika diolah menjadi pisang stik. Tetapi tidak semua pisang bisa digunakan sebagai bahan membuat makanan satu ini, hanya jenis pisang tertentu saja seperti pisang ambon. Cara membuatnya cukup mudah yakni potong pisang ambon kemudian tusuk pisang menggunakan stik es krim. Setelah itu, celupkan kedalam coklat cair. Kemudian , taburi dengan toping seperti kacan, meses, almond, dan sebagainya. Terakhir, bekukan dalam freezer.

10. Roti bakar

Ide bisnsi makanan ringan selanjutnya yakni roti bakar. Roti bakar bisa olah dengan berbagai varian mulai dari cokelat, daging sampai sayuran. Anda bisa juga membuat resep sendiri untuk membedakannya dengan penjual roti bakar yang lain.

Nah, itu dia beberapa ide bisnis makanan ringan rumahan yang bisa Anda coba. Masih banyak lagi peluang usaha makanan yang ada di sekitar Anda. Tetapi, Anda perlu memperhatikan bisnis makanan apa yang sekiranya cocok untuk Anda jalankan dengan melakukan  riset market dan riset produk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *