Web Analytics

Virus Corona jadi Pandemic. Apa Bedanya dengan Epidemi dan Wabah?

Akhirnya Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) secara resmi menyatakan wabah virus corona atau Covid-19 sebagai sebuah pandemik pada hari Rabu (11/3/2020) lalu, atau lebih dari dua bulan sejak wabah ini mulai terdeteksi di Tiongkok.

Virus corona akhirnya naik tingkat dari epidemi jadi pandemic. Sekarang apa sih arti istilah-istilah tersebut? Istilah tersebut sebenarnya mengacu pada perubahan tingkat persebaran sebuah penyakit itu sendiri. Bukan merupakan perubahan karakteristik dari penyakit itu.

Virus Corona jadi Pandemic

Ada 4 istilah yang menjadi tingkat persebaran sebuah penyakit. Dalam artikel ini, kita bahas satu persatu apa sih bedanya endemi, wabah, epidemi, dan pandemic itu sendiri.

1. Endemi

Tingkatan yang paling rendah adalah endemi. Ini adalah sebuah penyakit yang muncul di wilayah daerah tertentu yang menetap dalam waktu yang lama.

2. Wabah

Wabah adalah terjadinya suatu penyakit dalam masyarakat, di mana jumlah orang terjangkit lebih banyak daripada biasanya. Penyakit dikatakan wabah ketika penyakit itu sudah lama tidak pernah menjangkiti masyarakat, datang penyakit baru yang sebelumnya tidak diketahui, dan penyakit tersebut adalah penyakit yang baru pertama kali menjangkiti masyarakat di daerah itu. Contoh : kasus pneumonia yang mencuat tak terduga di kalangan konsumen pasar di Wuhan, Cina. Pejabat kesehatan publik sekarang mengetahui bahwa peningkatan jumlah kasus pneumonia di sana merupakan wabah corona virus tipe baru, yang kini diberi nama SARS-CoV-2.

3. Epidemi

Berikutnya adalah epidemi. Tingkatan persebarannya sudah antar negara.

Epidemi adalah wabah yang menyebar di area geografis yang lebih luas. Ketika orang-orang di luar Wuhan mulai terdeteksi mengidap Covid-19, para ahli epidemiologi pun tahu bahwa wabah ini telah menyebar luas, yang menandakan bahwa upaya karantina wilayah tidaklah cukup atau sudah terlambat.

Baca juga :  Dokter Kritisi Pembuatan Bilik Disinfektan: Bukan Untuk Tubuh Manusia!

Ini bukan hal mengherankan, mengingat memang belum ada pengobatan atau vaksin yang tersedia. Tetapi penyebaran luas COVID-19 di seluruh Cina berarti bahwa wabah di Wuhan telah berkembang menjadi epidemi.

4. Pandemic

Dan yang terakhir adalah pandemic. Penyakit yang sudah ditetapkan sebagai pandemi berarti tingkat persebarannya sudah sangat masif hingga tingkat dunia dan diluar kendali. Penyakit sudah menyebar di beberapa negara atau benua dan biasanya memengaruhi orang dalam jumlah besar. Penyebarannya secara global. Dan yang menetapkan sebuah penyakit berdasarkan tingkat persebarannya ini adalah WHO.

Leave a Feedback!