9 Contoh Bisnis Modal Kecil yang Menguntungkan

Saat ini, mungkin banyak dari Anda yang berniat untuk membuka usaha sendiri namun belum memiliki uang yang cukup untuk modal membangun usaha Anda. Namun, tahukah Anda bahwa tak semua usaha membutuhkan dana yang besar? Ulasan ini akan membuktikannya kepada Anda, bahwa terdapat macam-macam bisnis modal kecil yang menguntungkan yang dapat dijadikan alternatif pilihan bagi Anda para calon pengusaha.

9 Contoh Usaha Modal Kecil yang Menguntungkan bagi Anda yang Ingin Memulai Bisnis

1. Membuat online shop atau online business dengan memanfaatkan fasilitas blog atau website

Internet menjadi rujukan tertinggi ketika orang ingin mencari informasi, termasuk mencari rujukan untuk suatu produk yang akan dibeli. Kehadiran toko online membuat mereka bisa dengan cepat mendapatkan barang yang mereka inginkan, hanya melalui beberapa kali klik dan scrolling yang tidak mengeluarkan banyak tenaga.

Untuk memulai bisnis online shop Anda, terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan. Pertama, menjual produk Anda sendiri. Toko online akan memperbesar peluang Anda untuk menciptakan pasar Anda sendiri serta mempermudah saluran distribusi dan pelayanan kepada klien atau konsumen. Kedua, menjalankan program periklanan seperti CPA, CPC, atau CPM. Ketiga, Anda bisa bekerjasama dengan program afiliasi. Terakhir, jika belum memiliki produk sendiri, Anda juga bisa menerima pesanan berupa pembuatan ulasan konten atau guest post.

2. Mengunduh keuntungan dari  kesederhanaan warung kopi

Warung kopi, coffee shop, segala jenis usaha kopi bisa menjadi bisnis modal kecil yang menguntungkan. Usaha ini akan sangat cocok untuk dilakoni mengingat menjamurnya pecinta kopi terutama dari kalangan anak-anak muda akhir-akhir ini. Warung kopi sederhana yang menjual satu cangkir kopi seharga dua ribu hingga tiga ribu dan ditargetkan di tempat ramai sudah bisa mendatangkan keuntungan untuk Anda. Padahal kalau dihitung, modal secangkir kopi paling banter hanya seribu hingga seribu lima ratus untuk satu gelas.

3. Menjajal usaha gorengan sebagai awal mula usaha rumahan

Siapa yang tak suka gorengan? Makanan ini cocok dinikmati kapan saja dan dimana saja. Untuk membuatnya juga tak membutuhkan modal besar. Peralatan untuk memulai usaha ini bahkan bisa Anda ambil dari dapur sendiri, tidak perlu membeli peralatan baru atau fasilitas yang terlalu canggih. Bahan baku pembuatan makanan juga bisa didapatkan di sekitar Anda, misalnya di pasar, dengan harga yang sangat minim. Salah satu yang mungkin cukup boros adalah pengeluaran untuk minyak, namun Anda bisa menyiasatinya dengan menggunakan minyak yang sama untuk beberapa kali proses menggoreng.

4. Membuka gerai minuman coklat atau jus buah

Menjual minuman coklat dan jus buah dapat menjadi pilihan tepat karena keduanya termasuk tren kekinian yang tak luntur oleh waktu. Selain itu, harganya juga pas di kantong anak sekolah atau mahasiswa sehingga hampir bisa dipastikan usaha Anda akan selalu memiliki pasar. Kelebihannya lagi, Anda bisa melebarkan sayap usaha anda dengan model waralaba atau franchise di tempat-tempat potensial seperti area wisata, sekolah, hingga pusat perbelanjaan.

5. Menjual mainan anak di area sekolah

Sedari judulnya, Anda sudah bisa menebak bahwa usaha ini sangat tepat sasaran mulai dari barang yang dijual, tempat menjual, dan target konsumennya. Anda tidak perlu mengeluarkan banyak modal karena untuk mendapatkan barang dagangan, Anda bisa menggunakan sistem grosir atau per set untuk kemudian menjualnya secara eceran.

6. Usaha jasa potong rambut pria

Bila Anda tertarik dengan bidang kecantikan, Anda dapat membuka jenis salon yang tidak membutuhkan banyak keterampilan dan peralatan rumit yaitu salon pria. Usaha ini merupakan salah satu bisnis modal kecil yang menguntungkan. Meski begitu, Anda tetap harus menjamin kualitas untuk mendapat pelanggan tetap dan menjamin keberlangsungan usaha Anda.

7. Menjajakan Mie Pangsit

Meski terlihat remeh, usaha ini sangat potensial bagi Anda untuk mendapatkan keuntungan maksimal karena biaya operasionalnya sangat kecil. Sebagian besar penjual mie bahkan mengatakan bahwa keuntungan yang didapatkan bisa berlipat ganda, yakni sekitar 3x dari modal membeli bahan baku.

8. Menjual sayur keliling

Kebutuhan akan sayur dan lauk sepertinya tidak memiliki akhir, terutama bagi ibu-ibu. Banyak dari mereka yang terlalu malas untuk pergi ke pasar lantas mengandalkan keberadaan pedagang sayur keliling. Untuk memulai usaha ini sebaiknya anda sudah memiliki pemasok tetap di pasar atau membeli langsung dari petani.

9. Menjajal bisnis musiman

Bisnis musiman mungkin tidak bisa menjadi pekerjaan tetap, namun pekerjaan sementara ini tergolong hanya membutuhkan modal kecil dan menjanjikan keuntungan besar. Contoh bisnis musiman adalah berjualan takjil saat bulan puasa, berjualan terompet menjelang tahun baru, atau menjajakan bingkisan saat hari Valentine akan tiba.

Apabila Anda tertarik untuk membuka usaha sendiri, ide-ide di atas dapat menjadi rujukan untuk memulai bisnis modal kecil yang menguntungkan. Bisnis ini dapat menjadi awal bagi anda untuk meningkatkan koneksi dan kinerja sehingga berpotensi melebarkan bisnis Anda dan memaksimalkan profit Anda di masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *